PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM VIDEO STREAMING BERBASIS NAMED DATA NETWORKING

ADE ADITYA RAMADHA

Informasi Dasar

22.04.1850
004.607 6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Named Data Networking (NDN) adalah arsitektur jaringan dengan metode pemberian nama kepada suatu data dan memiliki kemampuan caching konten dalam jaringan. Dengan kemampuan caching dalam jaringan memungkinkan pengguna lebih cepat mendapatkan data yang diminta. Video streaming merupakan teknologi yang dapat memutar file audio atau video secara langsung ataupun pre-recorded tanpa perlu mengunduh video terlebih dahulu. Perkembangan layanan video streaming dan pengakses layanan video streaming setiap tahun terus meningkat. Sehingga diperlukan suatu metode video streaming yang lebih baik agar pengalaman pengguna dalam mengakses layanan video streaming terus meningkat.

Pada Tugas Akhir ini mengimplementasikan dan menganalisis performa video streaming pada jaringan NDN. Beberapa parameter Quality of Service (QoS) seperti Round Trip Time (RTT), dan throughput digunakan untuk mengukur kualitas video streaming pada sisi jaringan. Sedangkan parameter Quality of Experience (QoE) seperti video Startup Delay digunakan untuk mengukur kualitas video streaming pada sisi client. Selain itu, dilakukan juga pengukuran penggunaan CPU pada Server

Hasil implementasi dan analisis pada Tugas Akhir ini dapat meningkatkan kualitas video streaming pada pengakses kedua dengan waktu RTT dibawah 4,5 s, throughput diatas 0,8 MBps, video startup delay dibawah 9 s, dan penggunaan CPU dibawah 55%. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis IP, arsitektur NDN masih memerlukan peningkatan meskipun dapat memberikan peningkatan kualitas pada pengakses kedua.

Subjek

COMPUTER NETWORK
NETWORKING,

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM VIDEO STREAMING BERBASIS NAMED DATA NETWORKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADE ADITYA RAMADHA
Perorangan
Leanna Vidya Yovita, Tody Ariefianto Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini