MEMBANGUN LAYANAN KONFERENSI VIDEO YANG MEMILIKI KETERSEDIAAN TINGGI MENGGUNAKAN KLASTER KUBERNETES ANTAR PUSAT DATA

BASMA FATHAN MUBINA

Informasi Dasar

22.04.1860
004.678 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Video Conference menjadi aktivitas yang digemari masyarakat saat ini seiring dengan berkembangnya teknologi. Dengan meningkatnya trafik pengguna, maka tidak jarang layanan tersebut mengalami downtime. Untuk menghindari hal tersebut, maka dibangun sebuah infrastruktur yang dapat menggandakan diri sendiri sehingga downtime dapat dihindari.

Infrastruktur tersebut dibangun menggunakan sebuah container orchestration tool bernama Kubernetes. Kubernetes akan menjalankan service di dalam virtual machine bernama node. Di dalam node, terdapat komponen terkecil Kubernetes yaitu pod. Komponen tersebut dapat menjalankan service secara bersamaan. Kubernetes Cluster dijalankan diatas DigitalOcean dan Linode yang berfungsi sebagai Cloud Service.

Tugas akhir ini membahas perancangan sebuah cluster Kubernetes yang didalamnya terdapat dua buah Data Center yang berasal dari dua negara berbeda. Data Center dapat menampung beberapa node Kubernetes dimana tiap node menampung satu buah pod yang dapat menjalankan satu aplikasi melalui perantara service. Node yang ada dalam satu Data Center dapat mereplikasi pod dan mengatur ukurannya secara otomatis (Auto scalable). Hal inilah yang dapat meningkatkan High Availability infrastruktur tersebut dan menghindari terjadinya downtime.

Service yang akan diimplementasikan adalah WebRTC. Service inilah yang akan diamati menggunakan pengujian beberapa parameter. Parameter yang akan diamati adalah QoS (Jitter, Throughput, Delay, Packet loss) dan error rate.

 

Kata kunci: Kubernetes, Cluster, High Availability, Data Center.

 

Subjek

CLOUD COMPUTING
TELECOMMUNICATION,

Katalog

MEMBANGUN LAYANAN KONFERENSI VIDEO YANG MEMILIKI KETERSEDIAAN TINGGI MENGGUNAKAN KLASTER KUBERNETES ANTAR PUSAT DATA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BASMA FATHAN MUBINA
Perorangan
Favian Dewanta, Bagus Aditya
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4H3 - CLOUD COMPUTING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini