ANALISIS PENERAPAN METODE CAPITAL ASSET PRICING MODEL (CAPM) DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi dan Riset Kesehatan di BEI Periode 2017-2022)

NUR AMALIA PODUNGGE

Informasi Dasar

22.04.1867
332.041 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Investasi di pasar modal memiliki daya tarik tersendiri bagi para investor. Harga saham pada setiap perusahaan yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia terkadang selalu mengalami perubahan baik kenaikan maupun penurunan harga saham. Oleh karena itu, investor seringnya mengalami kesulitan dalam memilih saham mana yang mempunyai risiko kecil tapi dapat menghasilkan return yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengembalian yang diharapkan saham-saham sub sektor farmasi dan riset kesehatan berdasarkan penggunaan metode Capital Asset Pricing Model (CAPM). Metode penelitian yang digunakan yaitu Capital Asset Pricing Model (CAPM) untuk mengetahui estimasi tingkat pengembalian atau keuntungan yang diharapkan (expected return) dan mengetahui risk dan return yang relevan pada setiap aset ketika pasar modal dalam kondisi yang seimbang. Populasi dari penelitian ialah saham perusahaan sub sektor farmasi dan riset kesehatan 2017-2022. Sampel penelitian menggunakan purposive sample method dan menghasilkan 8 company yang tidak mengalami delisting dan tercatat dalam BEI selama periode penelitian. Saham efisien yaitu saham dengan tingkat pengembalian individu lebih besar dari tingkat pengembalian yang diharapkan. Terdapat 5 saham dengan tingkat pengembalian rata-rata positif dan tergabung dalam kelompok saham efisien dan 3 yang tergabung dalam kelompok saham tidak efisien.

Keywords : CAPM, Expected Return, Farmasi dan Riset Kesehatan, Beta

Subjek

CAPITAL INVESTMENT
STOCKS,

Katalog

ANALISIS PENERAPAN METODE CAPITAL ASSET PRICING MODEL (CAPM) DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN INVESTASI PADA SAHAM (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi dan Riset Kesehatan di BEI Periode 2017-2022)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NUR AMALIA PODUNGGE
Perorangan
Budi Rustandi Kartawinata
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KBI452 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini