Matoa Indonesia adalah salah satu perusahaan yang merupakan bagian dari industri kreatif di Indonesia, yang telah berdiri lebih dari 10 tahun. Perusahaan ini hanya ditangani oleh satu orang public relations (Irfan Aulia, 2022). Terdapatnya satu orang public relations dalam perusahaan menjadi suatu tantangan tersendiri bagi Matoa Indonesia. Dibutuhkan adanya tim yang solid untuk bisa memastikan berjalannya peran public relations secara menyeluruh. Disisi lain media sosial Instagram sedang marak digunakan sebagai media pengenalan dan penjualan suatu produk. Instagram juga berpotensi digunakan sebagai media untuk membangun adanya customer engagement oleh perusahaan, dikarenakan kemudahannya untuk berinteraksi dengan customer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan public relations dalam membangun customer engagement melalui media sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dimana data sampel informan ditujukan kepada orang-orang yang memahami, atau berhubungan dengan tujuan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran public relations Matoa Indonesia di media sosial Instagram sebaiknya lebih di optimalkan karena public relations dapat memanfaatkan Instagram untuk memudahkan perannya dalam membangun customer engagement secara optimal.
Kata Kunci: customer engagement, Instagram, Matoa Indonesia, Media Sosial, public relations