Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Makanan Pada Aplikasi Gojek

WINDA PUTRI DHARMAWAN

Informasi Dasar

284 kali
22.04.1907
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena food delivery yang kian marak di Indonesia. Dikarenakan pandemi COVID-19 yang mulai melanda seluruh dunia pada awal tahun 2020 mengakibatkan berbagai sektor usaha khususnya dibidang kuliner menurun pesat dan tidak dapat teridentifikasi penghasilan orderan sehari-harinya. Membuat orang yang memiliki bisnis kuliner ini tak sedikit yang gulung tikar, namun ada pula yang bekerja sama dengan platform ojek online agar memudahkan pendistribusian penjualan kulinernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dominan apa saja yang mempengaruhi konsumen untuk menggunakan Gofood pada Gojek.

Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner dan menggunakan analisis data kuantitatif yang bersifat deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling yaitu dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan aplikasi Gofood pada Gojek dengan jumlah sebanyak 229 responden. Metode analisis pada penelitian ini adalah uji analisis faktor dan alat analisis yang digunakan dengan bantuan SPSS versi 28.

Dari data dan hasil analisis penelitian, dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk pembelian Gofood sebagai berikut :

Terdapat 19 faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian Gofood, yakni : Gaya hidup modern, Kepraktisan, Pengaruh orang sekitar, Iklan dan media massa, Golongan kelas sosial, Status sosial, Peran dan status, Aktivitas pekerjaan, Tingkat usia, Tuntutan gaya hidup, Gaya hidup praktis, Jasa yang ditawarkan, Kondisi keluarga, Pembelian dari konsumen lain, Pengalaman pembelian, Kenyamanan dan kemudahan, Pelayanan jasa, Promo aplikasi, Keunggulan aplikasi, Pemilihan produk sesuai manfaat. Dari 19 faktor yang ada terdapat 4 faktor yang utama seseorang dalam pengambilan keputusan, yaitu Pengaruh Pribadi dan keluarga, Budaya, Sikap Psikologi dan Kelas Sosial, yang paling dominan yaitu Pengaruh Pribadi dan Keluarga yakni 28,69%

Subjek

CONSUMEN BEHAVIOUR
MARKETING MANAGEMENT,

Katalog

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Makanan Pada Aplikasi Gojek
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WINDA PUTRI DHARMAWAN
Perorangan
Farah Oktafani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • BAH2C3 - PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini