ABSTRAK Persaingan di dunia bisnis semakin tinggi, setiap perusahaan pasti menginginkan agar perusahaannya tetap bertahan. Agar perusahaan dapat bertahan, perusahaan membutuhkan investasi melalui keputusan pendanaan. Dalam pengambilan keputusan pendanaan, perusahaan memiliki alternatif dari internal dan eksternal. Pihak manajer harus teliti dalam mengambil keputusan pendanaan agar sejalan dengan tujuan perusahaan. Dalam hal ini struktur modal menjadi hal yang penting bagi perusahaan, karena modal menjadi hal dasar untuk membangun dan menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial pada ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, profitabilitas dan likuiditas terhadap struktur modal pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar pada bursa efek Indonesia tahun 2016-2020. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria yang ditentukan diperoleh 16 perusahaan dengan periode penelitian selama 5 tahun sehingga didapatkan 80 sampel. Pengujian hipotesis menggunakan regresi data panel dengan menggunakan software eviews 11. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, profitabilitas dan likuiditas berpengaruh secara simultan terhadap struktur modal. Ukuran perusahaan dan likuiditas berpengaruh negatif secara parsial terhadap struktur modal, sedangkan pertumbuhan penjualan dan likuiditas tidak berpengaruh secara parsial terhadap struktur modal. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah diharapkan dapat menggunakan variabel independen lain yang diduga berpengaruh terhadap struktur modal seperti struktur aset, risiko bisnis, struktur kepemilikan, diversifikasi dan variabel independen lainnya. Peneliti selanjutnya juga dapat menambah periode penelitian atau memperluas objek penelitian. Kata Kunci: Ukuran perusahaan, Pertumbuhan penjualan, Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Modal