PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR PERIODE 2018-2020)

DINA ANISA ATIKASARI

Informasi Dasar

22.04.1941
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahan merupakan respon pasar yang dicerminkan melalui harga saham perusahaan yang merupakan penilaian mengenai kinerja perusahaan. Meningkatnya nilai perusahaan adalah prestasi yang sesuai dengan keinginan pemiliknya karena dengan meningkatnya nilai perusahaan maka kesejahteraan para pemilik juga meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh corporate social responsibility yang menggunakan pedoman GRI Standard terhadap nilai perusahaan dengan mengunakan Tobin’s Q dengan investment opportunity set sebagai variabel moderating dengan menggunakan market value to book value of equity (MVE/BVE). Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 122 perusahaan manufaktur dengan periode penelitian 3 tahun sehingga diperoleh 366 data observasi. Terdapat 244 data outlier, sehingga data observasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 122 data observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dan moderate regression analysis dengan menggunakann software Eviews versi 12.

Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility dan investment opportunity set berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, corporate social responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Investment opportunity set tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Investment opportunity set memoderasi antara pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan.

Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Investment Opportunity Set, Nilai Perusahaan

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
ACCOUNTING AND FINANCE,

Katalog

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR PERIODE 2018-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINA ANISA ATIKASARI
Perorangan
Cahyaningsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI353 - CORPORATE FINANCIAL MANAGEMENT
  • EBH0M4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini