Nilai perusahan merupakan respon pasar yang dicerminkan melalui harga saham perusahaan yang merupakan penilaian mengenai kinerja perusahaan. Meningkatnya nilai perusahaan adalah prestasi yang sesuai dengan keinginan pemiliknya karena dengan meningkatnya nilai perusahaan maka kesejahteraan para pemilik juga meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh corporate social responsibility yang menggunakan pedoman GRI Standard terhadap nilai perusahaan dengan mengunakan Tobin’s Q dengan investment opportunity set sebagai variabel moderating dengan menggunakan market value to book value of equity (MVE/BVE). Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 122 perusahaan manufaktur dengan periode penelitian 3 tahun sehingga diperoleh 366 data observasi. Terdapat 244 data outlier, sehingga data observasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 122 data observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dan moderate regression analysis dengan menggunakann software Eviews versi 12.
Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility dan investment opportunity set berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, corporate social responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Investment opportunity set tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Investment opportunity set memoderasi antara pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Investment Opportunity Set, Nilai Perusahaan