PENGARUH KUALITAS DESAIN MARKETPLACE INDONESIA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI Z

RYAN FARREL IDIARTO

Informasi Dasar

22.04.1975
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan marketplace yang cepat di Indonesia memberikan keuntungan bagi kemajuan kegiatan bisnis. Hal tersebut menciptakan beragamnya marketplace yang bermunculan di Indonesia. Namun, keberagaman tersebut juga menunjukkan ketimpangan kuantitas pengunjung bulanan pada marketplace yang ada di Indonesia. Salah satu penyebab ketimpangan tersebut adalah kualitas desain marketplace yang memiliki penawaran berbeda-beda, sehingga menciptakan preferensi masing-masing individu, termasuk pada generasi Z yang merupakan generasi dengan populasi terbesar di Indonesia saat ini. Hal ini dapat menjadi masalah bagi marketplace dengan jumlah pengunjung relatif rendah untuk bisa bertahan di dalam persaingan.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh kualitas desain (usability, functionality dan sociability) yang dimiliki oleh marketplace di Indonesia terhadap proses keputusan pembelian generasi Z Indonesia.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dan data diambil dengan cara mengumpulkan hasil kuesioner daring yang mengimplementasikan skala Likert untuk mengukur peringkat pertanyaan kuesioner. Setelah melibatkan 424 responden generasi Z di Indonesia yang pernah melakukan pembelian pada marketplace di Indonesia untuk diambil datanya, dilakukan pengolahan data menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS).

Penemuan dalam penelitian ini adalah dapat disimpulkan bahwa semua aspek kualitas desain memiliki pengaruh yang signifikan terhadap masing-masing proses keputusan pembelian, sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas desain dapat menjadi patokan dalam proses keputusan pembelian, serta dapat dijadikan penentu kuantitas pengunjung generasi Z pada marketplace di Indonesia.

Untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan variabel lain yang sekiranya dapat memengaruhi proses keputusan pembelian, serta memperluas demografi generasi selain generasi Z di Indonesia.

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
MARKET ANALYSIS, DECISION MAKING,

Katalog

PENGARUH KUALITAS DESAIN MARKETPLACE INDONESIA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI Z
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RYAN FARREL IDIARTO
Perorangan
ADHI PRASETIO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • BM62G3 - PERILAKU KONSUMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini