PENGARUH FIRM SIZE, RETURN ON EQUITY, DAN CURRENT RATIO TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO

SARMANHADI RAMADHAN

Informasi Dasar

22.04.1991
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dividend adalah pembagian laba/keuntungan yang yang dibayarkan perusahaan kepada pemegang saham. Pengukuran kebijakan pembayaran dividend oleh perusahaan dapat diproyeksikan dengan dividend payout ratio. Dividend payout ratio (DPR) adalah perbandingan anatara dividend yang dibayarkan ke pemegang saham dan laba bersih setelah pajak. Dari dividend payout ratio dapat menilai manajemen laba ditahan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Firm Size, Return On Equity dan Current Ratio terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020. Metode penulisan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Teknik analisis data menggunakan model data panel, menggunakan uji F, uji T, dan Uji R2.
Teknik pengambilan sampel untuk penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh 11 (sebelas) emiten pada sub sektor transportasi dengan periode pengamatan selama 3 (tiga) tahun, sehingga pada penilitian ini diperoleh 33 data observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Pengolahan data observasi dilakukan menggunakan software Eviews 12.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Firm Size, Return on Equity, dan Current Ratio secara simultan berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio. Secara parsial Firm Size tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio, sedangkan Return on equity dan Current Ratio berpengaruh dengan arah positif terhadap Dividend Payout Ratio.
Saran dari penelitian ini yaitu sebagai acuan bagi pihak akademik dan peneliti selanjutnya untuk menambah wawasan serta sebagai bahan pertimbangan untuk investor agar lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan berinvestasi atas dasar penilaian Dividend Payout Ratio.
Kata Kunci: Firm Size, Return On Equity Ratio (ROE), Current Ratio (CR), Dividend Payout Ratio

Subjek

DIVIDENDS
ACCOUNTING, RETURN ON EQUITY,

Katalog

PENGARUH FIRM SIZE, RETURN ON EQUITY, DAN CURRENT RATIO TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SARMANHADI RAMADHAN
Perorangan
WILLY SRI YULIANDARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini