PENGARUH PROFITABILITAS DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI TERHADAP PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS IDX30 TAHUN 2018-2020)

JESSICA GALE

Informasi Dasar

22.04.2019
332
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Interpretasi nilai perusahaan menjadi patokan bagi investor untuk menanamkan modalnya di salah satu instrument investasi yaitu saham. Hal ini dikarenakan nilai perusahaan merupakan gambaran seberapa baik manajemen dalam mengelola perusahaannya, yang dapat dilihat dari pengukuran kinerja keuangan yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas yang dicerminkan dalam rasio Return on Equity (ROE) dan corporate social responsibility yang menggunakan standar CSR internasional ISO26000 terhadap nilai perusahaan yang terdaftar dalam indeks IDX30 tahun 2018-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pemilihan sampel penelitian didasarkan pada metode purposive sampling. Pada penelitian ini menggunakan 57 sampel data yang terdiri dari data 19 perusahaan yang konsisten terdaftar dalam indeks IDX30 selama 3 tahun dari 2018-2020. Teknik analisis data pada penelitian meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel yang menggunakan software EViews 12. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel profitabilitas dan CSR secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dalam rasio Price to Book Value (PBV). Secara parsial variabel profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan variabel CSR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan dan bermanfaat untuk penelitian selanjutnya. Bagi Investor, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi tambahan oleh investor untuk mengambil keputusan investasi pada pasar modal. Bagi Perusahaan, hasil penellitian ini diharapakan dapat memberikan masukan kepada manajemen perusahaan dalam proses pengambilan keputusan khususnya yang terkait dengan profitabilitas dan corporate social responsibility. Bagi masyarakat, diharapkan dapat memberikan informasi sehingga masyarakat tahu akan hak-hak sosial dan lingkungan yang diperoleh dari perusahaan. Kata Kunci: Nilai Perusahaan (PBV), Profitabilitas (ROE), Corporate Social Responsibility.

Subjek

KEUANGAN
SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITY,

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI TERHADAP PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS IDX30 TAHUN 2018-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JESSICA GALE
Perorangan
Agus Maolana Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini