Nilai perusahaan merupakan presepsi investor terhadap perusahaan. Yang sering
dikaitkan dengan harga saham. Nilai perusahaan yang dibentuk melalui indikator pasar
saham. Nilai perusahaan yang dibentuk melaului indikator pasar saham, sangat
dipengaruhui oleh peluang-peluang investasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh leverage, ukuran perusahaan,
likuiditas dan nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesai (BEI) pada periode 2016-2020.
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling.
Sampel yang diperoleh sebanyak 34 sampel dengan periode penelitian lima tahun sehingga
dalam penelitian ini diperoleh hasil 170 data penelitian. Data yang diperoleh diambil dari
laporan keuangan yang bersumber di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan
adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews dan Microsoft
Excel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan leverage, ukuran perusahaan,
dan likuiditas, berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada subsektor properti dan real
estate yang terdaftar di BEI periode 2016-2020. Hal tersebut menunjukkan bahwa
leverage, ukuran perusahaan, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan pada sub sektor
properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2016-2020 sebesar 74% dan sisanya
sebesar 26% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian
Kata kunci: Leverage, ukuran perusahaan, likuiditas, nilai perusahaan