Makna Aspirasi Perempuan Pada Film Samjin Company English Class (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film Samjin Company English Class)

NABILA HASNA HAQ

Informasi Dasar

22.04.2054
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aspirasi merupakan sebuah keinginan dan usaha yang kuat untuk mencapai keberhasilan yang lebih. Keinginan dalam aspirasi ini berupa keinginan untuk meningkatkan status individu maupun suatu keinginan yang berani. Seiring semakin banyak kehadiran perempuan di dalam intansi pekerjaan menciptakan pernyataan simbolis yang dapat memberi umpan balik ke dalam sosialisasi generasi muda dan membentuk peran gender dalam masyarakat dan intansi, serta persepsi dan kepercayaan pada sebuah perusahaan. Film “Samjin Company English Class” merupakan drama yang berasal dari Korea Selatan. Dalam film ini beberapa tokoh tampak memperjuangkan hak beraspirasi untuk mempertahankan perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui makna yang terkait aspirasi perempuan serta mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos dalam film Samjin Company English Class. Untuk mendapatkan hasil penelitian dilakukan analisis terhadap film Samjin Company English Clas peneliti menganalisis beberapa potongan adegan yang terkait dengan aspirasi sebagai objek dalam penelitian. Penelitian ini menghasilkan makna denotasi yang terlihat dari gaya busana dan tindakan, makna kontasi yang terdapat dalam makna dialog, dan makna mitos menyatakan bahwa seorang pekerja pembantu wanita tidak boleh ikut andil dalam kepengurusan perusahaan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa film Samjin Company English Class menunjukan tindakan pembungkaman aspirasi perempuan yang dilakukan secara verbal dan non verbal.

Subjek

SEMIOTICS
COMMUNICATION,

Katalog

Makna Aspirasi Perempuan Pada Film Samjin Company English Class (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film Samjin Company English Class)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NABILA HASNA HAQ
Perorangan
OKI ACHMAD ISMAIL
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini