PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN,TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN, DAN EFISIENSI PROFESIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)

KHALFIA AZMALIAH NURWIJAYANTI

Informasi Dasar

22.04.2055
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan adalah persepsi investor terhadap perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham, semakin tinggi harga saham akan membuat nilai perusahaan juga tinggi. Harga saham dapat mencerminkan nilai perusahaan yang baik apabila nilainya selalu meningkat. Nilai perusahaan merupakan salah satu unsur penting yang perlu dimaksimalkan untuk kemakmuran pemegang saham. Investor akan tertarik jika mendapatkan tingkat pengembalian investasinya meningkat dari waktu ke waktu. Nilai perusahaan yang tinggi merupakan salah satu tujuan dari suatu perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, dan Efisiensi Operasional terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keua

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2020. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 16 perusahaan dengan periode penelitian 3 tahun sehingga diperoleh 48 unit sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 12.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertumbuhan Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, dan Efisiensi Operasional berpengaruh secara simultan terhadap Nilai Perusahaan. Secara parsial Pertumbuhan Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, dan Efisiensi Operasional tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

Berdasarkan hasil penelitian ini bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel keputusan pendanaan dan kebijakan hutang untuk menjadi variabel independen. Bagi perusahaan sub sektor makanan dan minuman apabila menginginkan untuk meningkatkan nilai perusahaan, maka perusahaan perlu memperhatikan pengelolaan asetnya. Dan bagi investor, apabila menginginkan keuntungan yang maksimal, maka perlu berinvestasi pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang memiliki nilai perusahaan yang tinggi.

 

Kata Kunci : Efisiensi Operasional, Nilai Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
 

Katalog

PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN,TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN, DAN EFISIENSI PROFESIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHALFIA AZMALIAH NURWIJAYANTI
Perorangan
Deannes Isynuwardhana, Wiwin Aminah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini