PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, KUALITAS AUDIT, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

KHOFIFAH ADINDA BTR

Informasi Dasar

22.04.2057
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Integritas laporan keuangan adalah laporan yang disajikan secara wajar dan tidak bias, yakni sesuai dengan keadaan yang sebenarnya yang bertujuan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada pihak pemangku kepentingan (stakeholder). Saat ini di Indonesia masih terdapat perusahaan yang melakukan manipulasi laporan keuangan, hal ini menandakan bahwa rendahnya tingkat integritas laporan keuangan sehingga laporan keuangan yang disajikan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku serta tidak menunjukkan kondisi laporan keuangan yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara simultan dan parsial pengaruh corporate governance yang diproksikan dengan kepemilikan manajerial, komisaris independen, komite audit serta kualitas audit, dan ukuran perusahaan terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data laporan keuangan yang telah diaudit. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan memperoleh 18 perusahaan dengan periode penelitian 2016-2020. Teknik  analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel yang dihitung menggunakan software Eviews 12.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, komisaris independen, komite audit, kualitas audit, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Sedangkan secara parsial, komite audit berpengaruh negatif dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap integritas laporan keuangan. Dan kepemilikan manajerial, komisaris independen, kualitas audit tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah variabel independen yang diasumsikan dapat mempengaruhi integritas laporan keuangan. Bagi investor disarankan untuk selalu mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang akan dijadikan sebagai tempat berinvestasi. Bagi manajemen perusahaan disarankan agar mengoptimalkan fungsi komite audit dan selalu meningkatkan integritas laporan keuangan.

Kata kunci: Integritas Laporan Keuangan, Corporate Governance, Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen, Komite Audit, Kualitas Audit, Ukuran Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, KUALITAS AUDIT, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHOFIFAH ADINDA BTR
Perorangan
Hendratno
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini