Kegiatan penelitian ini akan berlangsung dengan judul “Pola Komunikasi Orang Tua Murid Dalam Menghadapi Interaksi Guru dan Anak”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan studi kasus instrumental, dan pengumpulan data melalui kegiatan wawancara dengan 5 informan kunci, 1 informan pendukung, 1 informan ahli. Penelitian yang berjudul “Pola Komunikasi Orang Tua Murid Dalam Menghadapi Interaksi Guru dan Anak” ini di analisis menggunakan faktor-faktor yang melatar belakangi terjadi nya komunikasi interpersonal yang lekat antara guru dan orang tua murid menurut (Devito, 2012) yaitu good attitude, open mind, mindset positif, kepedulian.
Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui mengapa komunikasi orang tua murid perlu di lakukan dalam menghadapi interaksi guru dan anak serta menganalisis bagaimana pola komunikasi orang tua murid dalam menghadapi interaksi guru dan anak di lingkungan SD Negeri 81 Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian, di ketahui bahwa pola komunikasi orang tua murid dalam menghadapi interaksi guru dan anak di lingkungan SD Negeri 81 Pekanbaru ini berlangsung dua arah. Komunikasi dua arah ini di lakukan agar orang tua dan guru dapat meningkatkan kerja sama dalam mendidik anak secara akademik dan non- akademik.
Kata Kunci: Komunikasi pembelajaran, komunikasi orang tua dan guru, interaksi guru dan murid, kekerasan verbal.