FORMULASI ALTERNATIF STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH SITASI DOSEN DALAM QS WORLD UNIVERSITY RANKING (STUDI KASUS: UNIVERSITAS TELKOM)

EVA NURHAZIZAH

Informasi Dasar

22.05.077
658.401 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Universitas Telkom mencanangkan untuk masuk dalam QS world university ranking, dan melakukan registrasi pendaftaran pada tahun 2017. Salah satu parameter penilaian QS World Ranking adalah sitasi dosen yang terindeks scopus. Berdasarkan rekap data 20 teratas jumlah publikasi terindeks scopus sampai dengan bulan juli 2017 Universitas Telkom berada diurutan 20 dengan jumlah publikasi terindeks scopus sebanyak 797. Jumlah tersebut masih jauh tertinggal dibandingkan dengan UI, ITB, dan UGM yang merupakan universitas yang sudah teranking QS. Melalui penelitian ini dilakukan analisis terhadap strategi yang telah dilakukan untuk meningkatkan sitasi dosen terindeks scopus. Selain itu penelitian ini juga menggali informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan sitasi dosen yang akan dijadikan sebagai dasar dalam perumusan alternatif strategi untuk meningkatkan sitasi dosen. Metode pengumpulan data melalui wawancara tidak terstruktur dan semi terstruktur yang dilakukan kepada narasumber. Narasumber terdiri dari dosen dan pegawai yang berkaitan dengan pengelolaan penelitian dan publikasi di Universitas Telkom. Pengolahan data dilakukan dengan metode concept mapping menggunakan aplikasi orange canvas. Berdasarkan penelitian ini didapatkan setidaknya 4 sudut pandang dalam menentukan strategi untuk meningkatkan sitasi tulisan dosen yaitu, Menerapkan 13 strategi sesuai dengan masing-masing faktor. Sudut pandang kedua membagi strategi menjadi 4 kelompok, yaitu pertama strategi eksternal, kedua strategi peningkatan kualitas penelitian dan publikasi, serta pembangunan jaringan akademik, ketiga strategi peningkatan fasilitas, dan keempat strategi peningkatan kepemimpinan. Sudut pandang ketiga, membagi strategi menjadi 3 kelompok, yaitu pertama strategi eksternal, kedua strategi peningkatan kualitas penelitian dan publikasi, serta pembangunan jaringan akademik, ketiga strategi peningkatan fasilitas dan kepemimpinan. Sudut pandang keempat, membagi strategi menjadi 2 kelompok, yaitu pertama strategi eksternal, dan peningkatan kualitas Sumber daya, fasilitas, dan kepemimpinan. Kata Kunci: Formulasi Strategi; Concept Mapping; Teori Sitasi

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
 

Katalog

FORMULASI ALTERNATIF STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH SITASI DOSEN DALAM QS WORLD UNIVERSITY RANKING (STUDI KASUS: UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EVA NURHAZIZAH
Perorangan
Gadang Ramantoko
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Magister Manajemen
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • MMFA53 - MANAJEMEN STRATEGI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini