RSO menggunakan media sosial sebagai media perantara untuk melakukan promosi dan menyebarluaskan informasi mengenai kesehatan dan pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Instagram sebagai media informasi rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk dapat memperoleh informasi mengenai fenomena yang ada. Penelitian ini menggunakan konsep The Circular Model of SOME oleh Luttrell (2015) yang terdiri dari Share, Optimize, Manage, dan Engage sebagai acuan dalam melakukan penelitian. Berdasarkan penelitian, RSO menggunakan Instagram untuk melakukan rebranding serta meningkatkan citra rumah sakit dengan mengunggah konten promosi dan edukasi pada aspek Share. Dalam aspek Optimize, RSO menggunakan cek mention secara manual, mengunggah feeds minimal dua kali sehari, melakukan repost dan membalas komentar dari masyarakat. Pada aspek Manage, RSO membuat laporan monitoring dan evaluasi bulanan secara manual dan menggunakan insight dari Instagram. Lalu pada aspek Engage, target audiens yang digunakan RSO merupakan masyarakat umum diatas usia 16 tahun dan mengadakan kuis, lomba, atau giveaway untuk meraih audiens. Dari hasil penelitian yang didapat, diharapkan untuk pengelola Instagram RSO agar lebih memaksimalkan penggunaan fitur dan tools dalam melakukan pengelolaan Instagram.
Kata Kunci: RSO, Instagram, media sosial rumah sakit, pengelolaan media sosial, media informasi