UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM KOMUNIKASI LINGKUNGAN BANK SAMPAH SRAYAN MAKARYA DI PURWOKERTO

AURELIA SALSABILA ATMAJA

Informasi Dasar

93 kali
22.04.2088
659.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebagian masyarakat masih menganggap sampah sebagai limbah dan mengelolanya dengan cara dibakar atau ditimbun tanpa dipilah. Agar dapat mengelola sampah dengan baik, maka perlu adanya kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui gerakan bank sampah. Komunikasi lingkungan digunakan dalam proses pemberdayaan sebagai bentuk komunikasi partisipatif dan dialogis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pemberdayaan masyarakat dalam komunikasi lingkungan di Bank Sampah Srayan Makarya. Penelitian ini menggunakan lima upaya pemberdayaan yang diidentifikasi oleh Totok Mardikanto dan Poerwoko Soebiato dalam bukunya Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspekti Kebijakan Publik tahun 2019, yaitu pemberdayaan sebagai proses pembelajaran, pemberdayaan sebagai proses peningkatan kapasitas, pemberdayaan sebagai proses perubahan sosial, pemberdayaan sebagai proses pengembangan masyarakat, dan pemberdayaan sebagai proses pengembangan partisipasi masyarakat. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dengan paradigma konstruktivisme. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Sampah Srayan Makarya dapat mengkomunikasikan informasi lingkungan kepada nasabah melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Komunikasi Lingkungan, Bank Sampah

Subjek

COMMUNICATION AND CULTURE
 

Katalog

UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM KOMUNIKASI LINGKUNGAN BANK SAMPAH SRAYAN MAKARYA DI PURWOKERTO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AURELIA SALSABILA ATMAJA
Perorangan
Pradipta Dirgantara
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Public Relations
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini