PENGARUH TALENT MANAGEMENT DAN KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN: STUDI KASUS PADA PT. BUKIT ASAM

QURROTA 'A'YUN

Informasi Dasar

22.04.2110
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 

Pertambangan batubara selama satu dasawarsa belakangan ini telah berperan besar dalam mendukung pembangunan nasional. Dalam penelitian ini, peneliti berfokus pada sebuah perusahaan, yaitu PT. Bukit Asam.  PT Bukit Asam Tbk (PTBA) masih mencetak kinerja positif hingga Desember 2020 meski terimbas pandemi Covid-19 serta fluktuasi dan lesunya harga batu bara dunia. Untuk dapat menghadapi tantangan tersebut, perusahaan PTBA membutuhkan adanyanya Sumber Daya Manusia yang baik. Karena itu, penting bagi perusahaan PT. Bukit Asam di lokasi Lampung ini, dengan sasaran untuk dapat memelihara adanya perilaku kerja yang daat mendorong kinerja karyawan yang lebih baik di kemudian hari, dengan cara memastikan adanya talent management yang baik dan knowledge management.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat talent management, knowledge management dan kinerja karyawan di PT. Bukit Asam. Serta penelitian ini pula bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh talent management dan knowledge management terhadap Kinerja Karyawan PT. Bukit Asam

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan teknik deskriptif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui data primer dengan kuisioner. Sample yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 134 karyawan PT. Bukit Asam cabang Lampung. Sedangkan teknik analisis yang digunakan merupakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji simultan (Uji F), variabel Talent Management (X1) dan Knowledge Management (X2) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y). Hal ini dapat dilihat yaitu, Fhitung > Ftabel (57.237 > 3.070) dan tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji parsial (Uji T), variabel talent management (X1) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y), dengan nilai thitung < ttabel (1.527 < 3.070) dan tingkat signifikansi 0.129 > 0.05. Sedangkan variabel knowledge management (X2) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung > ttabel (4.568 > 3.070) dan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja karyawan PT. Bukit Asam hanya dipengaruhi oleh faktor knowledge management dari karyawan itu sendiri dibandingkan talent management yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan demikian, kegiatan knowledge management perlu dilakukan secara intensif guna mendorong kinerja karyawan PT. Bukit Asam.

 

 

Kata Kunci: Pertambangan, Talent Management, Knowledge Management, Kinerja Karyawan

Subjek

TALENT MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH TALENT MANAGEMENT DAN KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN: STUDI KASUS PADA PT. BUKIT ASAM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

QURROTA 'A'YUN
Perorangan
Hani Gita Ayuningtyas
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM532014 - KNOWLEDGE MANAGEMENT
  • SM432103 - MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
  • BM64H4 - MANAJEMEN TALENTA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini