Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian kinerja karyawan BNN Cabang Tapanulis Selatan yang belum mencapai target yang ditetapkan oleh organisasi. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan dalam suatu organisasi. Variabel komunikasi dan kompetensi karyawan diduga sebagai faktor penyebabnya. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh komunikasi dan kompetensi terhadap kinerja karyawan.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausalitas. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dan regresi linear berganda. yang diolah dengan software IBM SPSS 25. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh karena seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 32 orang karyawan tetap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komunikasi berada pada kategori baik untuk Variabel kompetensi berada pada kategori baik dan untuk Variabel kinerja berada pada kategori sangat baik Hasil analisis regresi menunjukkan variabel komunikasi dan kompetensi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perubahan tingkat kinerja karyarwan. Secara simultan kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap kinerja. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci: Komunikasi, Kompetensi dan Kinerka karyawan