Implementasi dan Evaluasi Pengaruh MVVM Pattern terhadap Reusability pada Aplikasi Berbasis Mobile Android (Studi Kasus Sidang Tugas Akhir S1 Informatika Telkom University)

FAHRY FAUZAN ISKANDAR

Informasi Dasar

22.04.2143
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan perangkat lunak meningkat seiring dengan banyaknya permintaan pengguna, namun wak- tu yang harus diselesaikan dalam pengembangan sangat terbatas. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan Software Reuse atau penggunaan kembali suatu perangkat lunak di- karenakan dapat meningkatkan kualitas dan mempercepat waktu yang dibutuhkan dalam pengembangan perangkat lunak. Reusability memungkinkan source code dapat digunakan kembali untuk menambahkan sedikit fungsionalitas atau tanpa modifikasi. Namun, permasalahan dalam reusability adalah jika aplikasi yang telah ada memiliki code smell seperti coupling dan kompleksitas yang tinggi pada suatu class. Sehingga berdampak pada sulitnya suatu code untuk didaur ulang. Oleh karena itu, maka perlu dilakukan refactor atau perubahan kode pada aplikasi. Pada studi kasus ini, aplikasi direfactor kedalam arsitektur MVVM karena memiliki keunggulan yaitu kohesi yang tinggi dan tingkat coupling yang rendah. Untuk penguji- an reusability, menggunakan pengukuran CK-metrics yang berkaitan dengan aspek reusability diantaranya yaitu CBO (Coupling Between Object), DIT (Depth of Inheritance Tree), NOC (Number of Children), WMC (Weighted Methods per Class), dan LCOM (Lack of Cohesion in Method). Setelah dilakukan refactoring pada aplikasi baseline dan dilakukan pengukuran terhadap metriks tersebut, arsitektur MVVM menu- runkan nilai reusability pada aplikasi. Hal itu disebabkan oleh meningkatnya coupling dan kompleksitas, serta menurunnya kohesi pada aplikasi.

Subjek

SOFTWARE ENGINEERING
DATA PROCESSING,

Katalog

Implementasi dan Evaluasi Pengaruh MVVM Pattern terhadap Reusability pada Aplikasi Berbasis Mobile Android (Studi Kasus Sidang Tugas Akhir S1 Informatika Telkom University)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAHRY FAUZAN ISKANDAR
Perorangan
Gede Agung Ary Wisudiawan, Shinta Yulia Puspitasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini