KLASIFIKASI SOAL SEJARAH TINGKAT SMA BERDASARKAN LEVEL KOGNITIF REVISED BLOOM’S TAXONOMY MENGGUNAKAN METODE STOCHASTIC GRADIENT DESCENT

AMARILA ZAHRATUN NISA`

Informasi Dasar

22.04.2150
519.22
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendidikan di tingkat formal membutuhkan aspek pengujian untuk memastikan ilmu pengetahuan diserap oleh siswa. Sebagai upaya untuk menjamin siswa memahami materi yang diajarkan, para guru mengadakan uji kompetensi yang dibagi dalam beberapa termin setiap semesternya. Uji kompetensi terdiri dari berbagai macam tipe soal salah satunya yaitu pilihan ganda. Soal yang dihimpun oleh guru dalam platform e-learning membutuhkan pemilahan sehingga dapat mengukur tingkat intelektual siswa dan mencakup keterampilan berpikir.

Evaluasi dalam pemilahan soal didapati banyaknya soal yang belum tersaring sesuai dengan capaian kompetensinya. Pada penelitian ini, proses penyaringan yang melibatkan algoritma Revised Bloom’s Taxonomy (RBT) diimplementasikan secara  otomatis dengan menggunakan salah satu metode machine learning yaitu Stochastic Gradient Descent (SGD) pada soal sejarah tingkat SMA. Dikarenakan terdapat imbalance pada dataset, penelitian ini juga akan membandingkan antara dataset yang menerapkan dan yang tidak menerapkan metode oversampling SMOTE.

Hasil klasifikasi dari penelitian ini diperoleh melalui implementasi algoritma SGD dengan tools python. Pada dataset tanpa SMOTE, algoritma SGD memiliki skor rata-rata K-Fold yaitu 62%. Pada dataset dengan SMOTE, algoritma SGD memiliki skor rata-rata 93%. Adapun hasil akurasi dari confusion matrix menunjukkan algoritma SGD pada dataset tanpa SMOTE memiliki performa 62%, sedangkan algoritma SGD pada dataset dengan SMOTE mendapatkan performa 94%.

Hasil yang diperoleh melalui proses K-Fold Cross Validation dan confusion matrix tersebut menunjukkan bahwa dataset dengan menggunakan oversampling memiliki hasil yang lebih baik dibanding dengan dataset tanpa menggunakan oversampling.

Kata kunci—klasifikasi pertanyaan, RBT, sejarah SMA, SGD, SMOTE

Subjek

CLASSIFICATION
Stochastic,

Katalog

KLASIFIKASI SOAL SEJARAH TINGKAT SMA BERDASARKAN LEVEL KOGNITIF REVISED BLOOM’S TAXONOMY MENGGUNAKAN METODE STOCHASTIC GRADIENT DESCENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMARILA ZAHRATUN NISA`
Perorangan
Oktariani Nurul Pratiwi, Riska Yanu Fa’rifah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini