ASESMEN DAN PENINGKATAN MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PRACTICE INCIDENT MANAGEMENT DAN PROBLEM MANAGEMENT MENGGUNAKAN ITIL 4 (Studi Kasus : Unit RiYanTI Telkom University)

SAVANNY PUTRI SAFRINA

Informasi Dasar

22.04.2152
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

 

Manajemen layanan teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis saat ini, karena kerentanan terhadap layanan seringkali tidak dapat diprediksi. Manajemen Layanan TI didefinisikan sebagai proses yang digunakan untuk menjamin kualitas layanan, berdasarkan tingkat layanan yang disepakati oleh pengguna. Pada penelitian ini saya mengambil data di RiYanTI Telkom University yang merupakan salah satu unit riset dan layanan teknologi informasi yang ada di Direktorat Pusat Teknologi Informasi Telkom University. Di dalam operasionalnya, RiYanTI Telkom University sudah memanfaatkan manajemen layanan teknologi informasi untuk mendukung proses bisnisnya dengan menggunakan standar internasional ISO 20000-1. Tujuan penelitian Tugas Akhir ini yaitu untuk meningkatkan pengelolaan manajamen layanan teknologi informasi pada practice incident dan problem management di unit RiYanTI Telkom University sesuai dengan sumber yang ada. Sehingga dapat memberikan layanan yang optimal dalam pengelolaan incident dan problem management, serta mengetahui sejauh mana pengelolaan incident dan problem management diterapkan. Penelitian ini menggunakan framework  ITIL 4, karena ITIL 4  merupakan ITIL versi terbaru dengan banyak pembaruan praktik ITSM  dan mengadopsi cara kerja baru. Penelitian ini akan diajukan sebagai bahan pertimbangan bagi unit RiYanTI Telkom University dalam mengelola incident  dan problem management dengan membandingkan tahapan incident dan problem management berdasarkan keadaan sekarang dengan incident dan problem management menggunakan rekomendasi framework ITIL 4. Hasil dari penelitian ini akan memberikan rekomendasi dari aspek proses dan teknologi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada sesuai dengan assessment menggunakan COBIT 2019 Implementation dan ITIL 4.

Kata kunci Manajemen Layanan TI, Incident Management, Problem Management, ITIL 4, COBIT 2019 Implementation

Subjek

INFORMATION SYSTEM-DESIGN
INFORMATION MANAGEMENT,

Katalog

ASESMEN DAN PENINGKATAN MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PRACTICE INCIDENT MANAGEMENT DAN PROBLEM MANAGEMENT MENGGUNAKAN ITIL 4 (Studi Kasus : Unit RiYanTI Telkom University)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAVANNY PUTRI SAFRINA
Perorangan
Iqbal Santosa, Widyatasya Agustika Nurtrisha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ISI4D3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini