PENGEMBANGAN SISTEM DIALOG PADA INTERAKSI MANUSIA DAN MESIN MENGGUNAKAN FINITE STATE MACHINE (STUDI KASUS KENDARAAN CERDAS)

MUHAMMAD HASBI JURI UTAMA

Informasi Dasar

22.04.2167
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penerapan sistem dialog di dalam kendaraan tidak hanya untuk memudahkan aktivitas pengguna, tetapi untuk menjaga pengguna agar tetap fokus selama mengemudi sehingga dapat menghindari kecelakaan. Sistem dialog pada penelitian ini memanfaatkan pengenalan ucapan sebagai data input dari pengguna untuk mengontrol peralatan kendaraan mobil seperti menyalakan lampu, mematikan AC, atau menyalakan radio. Penelitian ini menyajikan pengembangan sistem dialog berbasis Internet of Things (IoT) dengan menggunakan algoritma model Finite State Machine (FSM) untuk mengelola sistem dialog. Sistem ini diimplementasikan pada Raspberry Pi yang merupakan komputer berukuran kecil sebagai alat kendali utama, serta menggunakan Firebase realtime database sebagai penerima dan pengirim data berdasarkan input sebuah sistem dialog. Data pada Firebase akan tersinkronisasi dengan mikrokontroler ESP32 yang akan menghidupkan atau mematikan perangkat kendaraan. Metode perancangan pada penelitian ini menggunakan model prototyping karena akan sering dilakukan percobaan sebelum mencapai tahap akhir. Hasil dari penelitian ini yaitu, sebuah prototipe sistem dialog interaksi manusia dan mesin berbasis IoT pada kendaraan mobil dengan mencapai rata-rata akurasi perintah berhasil 89,5% untuk menyalakan dan mematikan aliran listrik yang terhubung pada ESP32.

Subjek

INTERNET OF THINGS
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM DIALOG PADA INTERAKSI MANUSIA DAN MESIN MENGGUNAKAN FINITE STATE MACHINE (STUDI KASUS KENDARAAN CERDAS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD HASBI JURI UTAMA
Perorangan
Ahmad Musnansyah, Hanif Fakhrurroja
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini