ANALISIS DAN PENERAPAN PROSES MINING TERHADAP EVENT LOG DALAM MENENTUKAN PENILAIAN PEMBELAJARAN HYBRID MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY MINING (STUDI KASUS E-LEARNING UNIVERSITAS TELKOM)

ASYIFA NUR YULIANTY

Informasi Dasar

22.04.2169
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan dunia digital yang sangat pesat pada era modern berdampak cukup signifikan pada masa pandemi yang membatasi aktivitas diluar rumah termasuk kegiatan perkuliahan di Universitas Telkom. Pada semester genap tahun ajaran 2021/2022, proses pembelajaran sudah sudah mulai dilakukan secara Hybrid Blended Learning. Proses pembelajaran dengan hybrid tentu mempengaruhi aktivitas dan pola pembelajaran mahasiswa yang tergolong baru. Untuk mempelajari efektivitas perkuliahan secara hybrid pada masa pandemi maka dilakukan penelitian mengenai aktivitas mahasiswa yang direkam pada aplikasi learning management system (LMS). Penelitian dilakukan dengan process mining terhadap event log mata kuliah etika profesi dengan pembelajaran secara online dan mata kuliah EAI secara hybrid untuk mengetahui model proses aktivitas pembelajaran hybrid yang kemudian dibandingkan dengan aktivitas pembelajaran online. Dengan data aktivitas yang kompleks (aktivitas real-life) maka perlu dilakukan simplification pada model proses untuk menghindari spaghetti processes, untuk itu digunakan algoritma Fuzzy Miner dengan konsep pemodelan jalan pada process mining. Model proses diperoleh dengan proses discovery pada event log untuk menghasilkan initial process model menggunakan tools disco, serta conformance dan enhancement dengan ProM untuk menghasilkan model proses sesuai dengan kondisi aktivitas sebenarnya. Performa model proses digambarkan dengan nilai conformance yang dihasilkan. Pada mata kuliah etika profesi conformance terbaik sebesar 100% dan model detail 62,74% dengan Preserve Threshold (PT) 0,25 dan Ratio Threshold (RT) 0,95 pada proses Binary Conflict Resolution. Pada proses Edge Filtering nilai Edge Cutoff (EC) adalah 0,75 dan Utility Ratio (UR) 0,05. Kemudian pada proses Node Aggregation and Abstraction nilai Node Cutoff (NC) yang digunakan 0,95. Sedangkan pada mata kuliah EAI diperoleh nilai PT 0,05, RT 0,95, EC 0,95, UR 0,85, dan NC 0,25 dengan log conformance 96,48% dan model detail 90,89%. Berdasarkan data event log pada mata kuliah etika profesi dan EAI diketahui bahwa aplikasi LMS dapat digunakan untuk beberapa aktivitas seperti quiz, assignment, course, forum, file, other, dan URL. Pada pembelajaran online aktivitas utama yang dilakukan pada aplikasi LMS adalah quiz sedangkan pada pembelajaran hybrid aktivitas utama yang dilakukan adalah course.

Kata Kunci: Event log, Process Mining, Fuzzy miner, Hybrid

Subjek

DATA MINING AND KNOWLEDGE DISCOVERY
 

Katalog

ANALISIS DAN PENERAPAN PROSES MINING TERHADAP EVENT LOG DALAM MENENTUKAN PENILAIAN PEMBELAJARAN HYBRID MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY MINING (STUDI KASUS E-LEARNING UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASYIFA NUR YULIANTY
Perorangan
Rachmadita Andreswari, Desen Witarsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ISI4I3 - PENAMBANGAN PROSES

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini