PERANCANGAN PERBAIKAN SISTEM EXISTING PADA APLIKASI “ENJOY REMBANG” SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA KABUPATEN REMBANG DENGAN METODE DESIGN THINKING

MUTIARA PRAMUTI JAYA

Informasi Dasar

22.04.2181
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aplikasi “Enjoy Rembang” merupakan aplikasi mobile yang berisi panduan untuk berwisata di Kabupaten Rembang. Berdasarkan data pengukuran kualitas aplikasi existing, yang didapatkan melalui proses wawancara dan kuesioner dengan model Webqual, narasumber dan responden menilai bahwa aplikasi existing belum memiliki ketepatan waktu dalam penyediaan informasi saat dibutuhkan oleh pengguna, kesesuaian fungsi dan kapabilitas dengan kebutuhan pengguna, tampilan yang menarik, kejelasan tata letak informasi pada layar, kemudahan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan oleh pengguna, pemberian informasi dengan tingkat detil yang lengkap, dan reputasi yang baik. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang perbaikan sistem existing pada aplikasi “Enjoy Rembang” untuk meningkatkan kualitasnya sebagai media promosi pariwisata Kabupaten Rembang dengan metode design thinking.

Perancangan sistem pada tugas akhir ini akan menggunakan metode design thinking untuk memahami pengguna, menantang asumsi, serta mengkaji ulang permasalahan, agar solusi dapat ditentukan. Metode ini terdiri atas 5 tahap, yaitu: emphatize (berempati), define (mendefinisikan), ideate (menggali ide), prototype (pembuatan prototipe), dan test (uji coba).

Hasil perancangan dari tugas akhir ini yaitu berupa proses bisnis Standard Operating Procedure (SOP) untuk pemeliharaan sistem dan prototipe perbaikan aplikasi dengan menerapkan metode RESHOT. Hasil rancangan kemudian akan dievaluasi dengan wawancara evaluasi System Usability Scale (SUS).

Manfaat hasil perancangan dari tugas akhir ini yaitu untuk meningkatkan UX dan user satisfaction aplikasi “Enjoy Rembang”. Hasil perancangan juga diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja dari aplikasi tersebut agar dapat membantu percepatan promosi wisata di Kabupaten Rembang.

Kata kunci: Aplikasi, “Enjoy Rembang”, Design thinking, Perancangan Perbaikan Sistem, Perancangan Perbaikan Aplikasi

Subjek

MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN SISTEM EXISTING PADA APLIKASI “ENJOY REMBANG” SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA KABUPATEN REMBANG DENGAN METODE DESIGN THINKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTIARA PRAMUTI JAYA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • IEI3M3 - ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DAN BASIS DATA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini