PERANCANGAN USULAN PERBAIKAN PROSES BISNIS OPTIK CICENDO DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT

JUDITH DWILENDA

Informasi Dasar

22.04.2191
658.401
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Optik Cicendo merupakan sebuah gerai kacamata yang berdiri sejak Agustus tahun 1971. Produk dari usaha ini, yaitu frame dan lensa kacamata. Proses bisnis usaha ini masih tergolong belum optimal, terutama dalam proses pendataan yang memakan waktu cukup lama dan sering mengalami human error karena dilakukan dengan cara manual, yaitu tulis tangan. Adapun cara dalam mengatasi masalah tersebut yaitu dengan memperbaiki proses bisnisnya.

Metode yang dilakukan dalam perbaikan proses bisnis ini adalah Business Process Improvement (BPI). Metode BPI berfokus untuk membantu suatu usaha menciptakan inovasi atau inisiatif baru demi meningkatkan performansi suatu proses bisnis eksisting. Tahapan dilakukan mulai dari pengumpulan data dengan menggunakan Flowchart untuk mengetahui detail alur aktivitas waktu siklus dari proses bisnis. Dilanjutkan dengan tahapan perancangan yang bertujuan untuk mendapatkan understanding about the process, dengan cara meneliti waktu siklus eksistingnya lalu mengelompokkan aktivitasnya berdasarkan RVA, BVA, dan NVA, yang disertai dengan menghitung EWS (Efisiensi Waktu Siklus) proses bisnis eksisting. Selanjutnya menyederhanakan aktivitas proses bisnis eksisting dengan streamlining dan digantikan dengan rancangan usulan untuk efisiensi waktu. Selanjutnya, melakukan validasi untuk memastikan rancangan usulan tersebut sesuai dengan requirement usaha ini dengan menggunakan aplikasi simulasi berbasis accounting sebagai bentuk simulasi pemakaian aplikasi accounting usulan. Dilanjutkan dengan melakukan tahapan measurements and controls dengan menghitung EWS usulan.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan pengurangan aktivitas yang terjadi dari 12 aktivitas pada proses bisnis eksisting menjadi 10 aktivitas pada proses bisnis usulan. Terjadi juga pengurangan total waktu siklus yang awalnya sebesar 118 menit pada proses bisnis eksisting berkurang menjadi sebesar 74,5 menit pada proses bisnis usulan dengan peningkatan persentase EWS dari 65.25% pada proses bisnis eksisting menjadi sebesar 67.79% pada proses bisnis usulan. Hal ini menunjukkan bahwa proses bisnis usulan layak untuk diterapkan karena terbukti lebih cepat dan efisien.

Kata kunci  Proses Bisnis, Business Process Improvement, Waktu Siklus

Subjek

BUSINESS PROCESS
BUSINESS MANAGEMENT,

Katalog

PERANCANGAN USULAN PERBAIKAN PROSES BISNIS OPTIK CICENDO DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JUDITH DWILENDA
Perorangan
Endang Chumaidiyah, Yudha Prambudia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini