Sistem Navigasi Untuk Rover Tanpa Awak

GILANG PURWANA

Informasi Dasar

22.04.2197
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Panser merupakan kendaraan tempur yang sering digunakan militer dalam pertempuran darat yang membutuhkan kendaraan yang dapat menerjang berbagai medan, anti peluru serta memiliki sistem persenjataan yang cukup memadai. Banyak sekali temuan- temuan dari para peneliti dan ilmuwan dunia yang semakin memudahkan dan bermanfaat bagi pekerjaan manusia. Salah satu teknologi yang menjadi fokus peneliti saat ini adalah teknologi autopilot telah banyak digunakan pada berbagai kendaraan otomatis seperti Unmanned Ground Vehicle (UGV). UGV adalah perangkat mekanik yang dapat dioperasikan secara manual maupun otomatis memiliki kegunaan diantaranya untuk keperluan transportasi, keperluan logistic industry, aktivitas Search and Rescue (SAR) dan kepentingan militer untuk pengawasan, pengintaian bahkan pertempuran.

Pada Tugas Akhir ini penulis akan merancang Unmanned Ground Vehicle (UGV) yang dapat bergerak secara otomotis menggunakan metode navigasi waypoint dengan memanfaatkan beberapa sensor yang terdapat pada flight control seperti Accelerometer, GPS dan compass dapat menyelesaikan  misi yang telah ditentukan.

Penelitian ini menggunakan sistem kendali PID untuk steering dan throttle agar mendapatkan respon yang sesuai pada saat mode auto, mendapatkan nilai P = 0.382 , I = 0.174 dan D = 0.210 untuk steering dan mendapatkan nilai P = 1.000 , I = 0.416 dan D = 0.600 untuk throttle. Dengan menggunakan nilai PID tersebut menghasilkan penyimpangan rata-rata 0.000010035% derat latitude dan 0.000000074% derajat longitude jika dikonfersikan ke dalam satuan meter pergerseran yang terjadi sebanyak 0.385 meter atau 38.5 cm pada saat pengujian navigasi metode waypoint.

Kata Kunci: Unmanned Grourd Vehice, UGV, PID, Mission Planner, Rover, flight control, PixhawkPX4.

Subjek

AUTOMATIC CONTROL ENGINEERING
ROBOTICS AND AUTOMATION,

Katalog

Sistem Navigasi Untuk Rover Tanpa Awak
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GILANG PURWANA
Perorangan
Irwan Purnama, Angga Rusdinar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TEI4M3 - IDENTIFIKASI SISTEM DAN IMPLEMENTASI KENDALI
  • TEI4L3 - KENDALI LANJUT
  • EKH4C3 - PERANCANGAN METODE KENDALI
  • TEI4E3 - PERANCANGAN TEKNIK KENDALI
  • FEG4A2 - PROPOSAL TUGAS AKHIR DAN SEMINAR
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini