PERANCANGAN JARINGAN POINT OF PRESENCE (POP) KECAMATAN SERANG DAN KECAMATAN CIKANDE DARI BEACH MANHOLE (BMH) ANYER MENUJU SENTRAL TELEPON OTOMAT (STO) CIKUPA

AGRINE GHINA SYADIVA

Informasi Dasar

22.04.2203
621.369 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Era digital seperti saat ini terdapat hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, yaitu penggunaan internet. Internet dapat mempermudah dalam upaya mengakses data terlebih disaat pandemic Covid-19. Berdasarkan hasil survei menunjukan adanya korelasi antara jumlah penduduk dengan kebutuhan akses data yang tinggi. Oleh karena itu pemerintah menyediakan kemudahan dengan membangun infrastruktur jaringan Point of Presence (PoP).

Perancangan jaringan Point of Presence (PoP) dengan menentukan 2 wilayah yaitu Kecamatan Serang di Kota Serang dan Kecamatan Cikande di Kabupaten Serang menggunakan peta bumi digital dan disimulasikan menggunakan aplikasi simulator optic. Ada dua scenario perancangan, yang pertama dari Transmitter sampai dengan Receiver dengan Optical Amplifier, scenario  ke-dua tanpa Optical Amplifier.

Perancangan jaringan Point of Presence (PoP) dari Sentral Telepon Otomat (STO) Cikupa ke Kecamatan Serang di Kota Serang memiliki jarak 41,1 km dari STO Cikupa menggunakan Optical Amplifier hasil perhitungan Bit Error Rate (BER) bernilai 3,667x10-9 dan hasil simulasi Bit Error Rate (BER) bernilai 9,547x10-8. Kemudian perancangan jaringan  Point of Presence (PoP) dari Sentral Telepon Otomat (STO) Cikupa ke Kecamatan Cikande di Kabupaten Serang dengan jarak 18,2 km tanpa menggunakan Optical Amplifier menghasilkan Bit Error Rate (BER) bernilai 5,612x10-9  dan hasil simulasi Bit Error Rate (BER) bernilai 9,34181x10-7.

Kata Kunci : Point of Presence (PoP), Optical Amplifier, Bit Error Rate (BER)

Subjek

Fiber optics
 

Katalog

PERANCANGAN JARINGAN POINT OF PRESENCE (POP) KECAMATAN SERANG DAN KECAMATAN CIKANDE DARI BEACH MANHOLE (BMH) ANYER MENUJU SENTRAL TELEPON OTOMAT (STO) CIKUPA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGRINE GHINA SYADIVA
Perorangan
AKHMAD HAMBALI, BRIAN PAMUKTi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini