Pengukuran Laju Respirasi Menggunakan Accelerometer Dan Gyroscope Pada Smartphone Berbasis Android

FARSHA ABYAN ABIYYI HADIWIDJAJA

Informasi Dasar

22.04.2207
621.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengukuran laju respirasi merupakan salah satu bentuk penilaian fundamental terhadap kesehatan seseorang selain pengukuran laju denyut jantung maupun pengukuran tekanan darah. Kemudahan seseorang dalam melakukan suatu pengukuran laju respirasi merupakan tujuan dari penelitian ini dimana pengukuran dilakukan melalui smartphone berbasis android.

Pengukuran laju respirasi dilakukan dengan meletakkan smartphone pada diafragma bagian kiri, tengah, dan kanan. Sensor accelerometer dan sensor gyroscope merekam perubahan percepatan serta posisi yang diakibatkan oleh pergerakan diafragma ketika pernapasan terjadi. Variational Mode Decomposition (VMD) adalah pengolahan sinyal yang digunakan pada penelitian ini. Cara kerja VMD yaitu dengan mendekomposisi sinyal menjadi beberapa modes (IMFs) yang kemudian dipilih modes dengan sinyal terbaik. Peak detection kemudian dilakukan untuk mendapatkan nilai dari respiration rate per minute (RPM).

Hasil yang diperoleh dari tugas akhir ini merupakan data laju pernapasan dengan menggunakan metode Variational Mode Decomposition (VMD) yang mencapai nilai keakuratan sebesar 89,46% dalam pengukuran laju respirasi serta nilai presisi pengukuran sebesar 96,74%.

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
COMPUTER PROGRAMMING,

Katalog

Pengukuran Laju Respirasi Menggunakan Accelerometer Dan Gyroscope Pada Smartphone Berbasis Android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARSHA ABYAN ABIYYI HADIWIDJAJA
Perorangan
Achmad Rizal, Muhammad Hablul Barri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini