PERANCANGAN ROBOT UNTUK EKSTRAKSI DATA INVOICE MENGGUNAKAN ROBOTIC PROCESS AUTOMATION (RPA) YANG TERINTEGRASI DENGAN MACHINE LEARNING DOCUMENT UNDERSTANDING

GRYAN INDO ABADI

Informasi Dasar

22.04.2215
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu pemrosesan faktur atau invoice yang sering dilakukan adalah mengumpulkan informasi dari dokumen faktur untuk digunakan sebagai rekap data perusahaan. Maka dari itu diperlukan sarana untuk mengekstrak informasi yang relevan dari dokumen faktur yang memiliki format berbeda-beda. Faktur atau invoice berisi banyak kata kunci umum atau frasa kata kunci pendek seperti, dijual ke, dikirim ke, nomor faktur, item, jumlah, dll. Untuk mengekstrasi informasi atau data pada invoice sering digunakan mesin Optical Character Recognition (OCR), namun masih memiliki kekurangan untuk mengekstrasi. Dalam penelitian ini, Artificial Intelligence (AI) yang didukung oleh Robotic Process Automation (RPA) diusulkan untuk mendapatkan hasil ekstraksi yang lebih baik.

Robot berbasis RPA yang terintegrasi dengan Machine Learning (ML) Document Understanding melalui UiPath AI Center digunakan untuk ekstraksi faktur atau invoice secara otomatis. Robot yang akan dibuat dapat dengan sendirinya melatih model ML Document Understanding dan memiliki tingkat akurasi yang baik.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis berhasil membuat robot ekstraksi dokumen invoice dengan metode RPA yang terintegrasi dengan ML Document Understanding. Dengan hasil berupa ML Skills dengan tingkat akurasi bidang data sebesar 97% dan tingkat akursi ketepatan isi sebesar 96% yang berhasil mengekstraksi dokumen invoice dengan baik dan lebih efisien.

Subjek

ROBOTICS AND AUTOMATION
Machine Learning,

Katalog

PERANCANGAN ROBOT UNTUK EKSTRAKSI DATA INVOICE MENGGUNAKAN ROBOTIC PROCESS AUTOMATION (RPA) YANG TERINTEGRASI DENGAN MACHINE LEARNING DOCUMENT UNDERSTANDING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GRYAN INDO ABADI
Perorangan
KRIS SUJATMOKO, RUSTAM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4I3 - AI DAN BIG DATA ANALYSIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini