IDENTIFIKASI COVID-19 BERDASARKAN CITRA X- RAY PARU-PARU MENGGUNAKAN METODE LOCAL BINARY PATTERN DAN RANDOM FOREST

AFIFAH AMATULLA SUAIB

Informasi Dasar

22.04.2233
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Covid-19 merupakan fenomena yang tidak bisa dilupakan oleh dunia. Pada akhir tahun 2019 tepatnya di Wuhan, China virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SarsCov-2) ditemukan dan berkembang, hingga World Health Organization (WHO) menetapkan Covid-19 sebagai pandemi pada tanggal 9 Maret 2020. Pesatnya perkembangan dan penularan virus ini sempat membuat kewalahan. Salah satu cara untuk mengetahui seseorang positif Covid-19 dengan melihat hasil X-Ray paru parunya. Hasil X-Ray akan dianalisis untuk mengetahui keadaan paru-paru seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan hasil X-Ray paru-paru yang terbagi menjadi tiga kelas yaitu positif Covid-19, normal, atau Pneumonia.

Metode yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari metode ekstraksi ciri yaitu menggunakan Local Binary Pattern (LBP) dan metode klasifikasi menggunakan Random Forest. Penelitian ini menggunakan data latih dan data uji berupa citra X-Ray paru-paru yang dibedakan menjadi tiga kelas diantaranya paru-paru normal, positif Covid-19, dan Pneumonia. Tahapan yang dilakukan pada citra sebelum klasifikasi yaitu ekstraksi ciri kemudian hasil dari ekstraksi ciri akan diklasifikasikan.

Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menggunakan 1.200 citra yang terbagi menjadi 900 data latih dan 300 data uji, sistem dapat mengidentifikasi Covid-19 berdasarkan citra X-Ray paru-paru dan mengklasifikasikannya kedalam tiga kelas. Hasil akurasi tertinggi yang didapatkan yaitu 85,67% dengan menggunakan variasi resize citra= 200x200 piksel, radius ekstraksi ciri LBP= 8, dan jumlah pohon pada klasifikasi Random Forest= 200.

Kata Kunci: Covid-19, X-Ray, Local Binary Pattern, Random Forest

Subjek

IMAGE PROCESSING
SIGNAL PROCESSING,

Katalog

IDENTIFIKASI COVID-19 BERDASARKAN CITRA X- RAY PARU-PARU MENGGUNAKAN METODE LOCAL BINARY PATTERN DAN RANDOM FOREST
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AFIFAH AMATULLA SUAIB
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Nur Ibrahim
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
 
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TT3113 - PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL
  • TTI4V3 - PENGOLAHAN SINYAL MULTIMEDIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini