SISTEM DETEKSI ATRIAL FIBRILLATION MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN) 1-DIMENSI

MOCHAMMAD ANDRIE WICAKSONO

Informasi Dasar

22.04.2234
006.32
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Atrial Fibrillation (AF) merupakan kondisi detak jantung tidak normal yang disebabkan karena atrium atau serambi jantung berkontraksi lebih cepat secara berturut-turut sehingga darah tidak dapat dipompa sepenuhnya menuju bilik jantung (ventrikel). AF bisa menjadi pemicu dari penyakit kardiovaskuler yang dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner, stroke, dan hipertensi. Deteksi AF dapat dilakukan secara manual oleh dokter dengan mengidentifikasi sinyal Elektrokardiogram (EKG). Seiring dengan perkembangan zaman, banyak dibuat perangkat teknologi untuk membantu mengidentifikasi sinyal EKG. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh dokter maupun tenaga medis untuk membaca dan menganalisis aktivitas jantung yang abnormal, dengan harapan mendapatkan hasil yang optimal dengan waktu yang seefisien mungkin. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini  penulis merancang sebuah sistem untuk mendeteksi AF secara otomatis guna mendapatkan hasil yang optimal dan waktu yang efisien.

            Klasifikasi sinyal EKG dibagi menjadi 2 kelas, yaitu Atrial Fibrillation (AF) dan Normal Sinus Rhythm (NSR). Dataset yang digunakan pada tugas akhir ini menggunakan dataset dari Massachusetts Institute of Technology Beth Israel Hospital (MIT-BIH) Normal Sinus Rhythm Database PhysioNet dan Atrial Fibrillation Database PhysioNet yang berisi 25 rekaman sinyal EKG jangka panjang penderita AF dan 18 rekaman sinyal EKG jangka panjang dalam kondisi normal.

            Pada tugas akhir ini merancang sistem deteksi AF menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN) dengan arsitektur CNN 1-Dimensi. Skenario pengujian dilakukan terhadap 5 model layer, parameter waktu, nilai learning rate, mencari optimizer terbaik, dan mencari batch size yang tepat untuk mendapatkan performansi terbaik. Performansi terbaik didapatkan dengan menggunakan model ke-5, parameter waktu 8 detik, learning rate 0.001, optimizer Adam, dan batch size 64. Didapatkan hasil akurasi 100%, recall 100%, presisi 100%, dan f-1 score 100%.

 

 

Kata Kunci : Atrial Fibrillation (AF), Convolutional Neural Network (CNN), Elektrokardiogram (EKG), Normal Sinus Rhythm (NSR).

Subjek

NEURAL NETWORKS
 

Katalog

SISTEM DETEKSI ATRIAL FIBRILLATION MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN) 1-DIMENSI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMMAD ANDRIE WICAKSONO
Perorangan
R YUNENDAH NUR FUADAH, RUSTAM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini