Implementasi Natural Language Processing Pada Chatbot Untuk Layanan Akademik

ALIFYA HIKMAH

Informasi Dasar

22.04.2250
006.35
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan sistem layanan informasi berbasis website merupakan salah satu fitur yang paling sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi civitas saat ini. Terutama dalam bidang informasi akademik seperti biaya kuliah, beasiswa, dan lain sebagainya. Akan tetapi masih kurangnya pelayanan informasi secara online yang terdapat pada website, umumnya mereka hanya mencantumkan kontak yang dapat dihubungi untuk menjawab pertanyaan dan mengetahui lebih lanjut. Maka dari itu dibutuhkan satu sistem yang dapat memberikan informasi lebih lanjut dan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ingin ditanyakan oleh pengguna seputar layanan akademik, serta dapat meminimalisir waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering kali ditemukan sama.

Pada tugas akhir ini, dibuatlah sistem Chatbot atau Question and Answering System yang dapat memudahkan pengguna dalam pencarian informasi serta menjawab pertanyaan yang diinginkan terkait layanan akademik. Chatbot ini menerapkan kemampuan Natural Language Processing (NLP) atau bahasa alami, sehingga seolah-olah pengguna sedang melakukan interaksi dengan manusia sungguhan. Sistem chatbot ini menggunakan metode neural network untuk menghasilkan informasi yang tepat. Proses dari neural network terdiri dari input, preprocessing dan output.

Pengujian pada sistem chatbot ini menggunakan metode pengujian beta dengan Usability Testing yang mendapatkan hasil sebesar 93% dari total 42 responden dan 6 pertanyaan. Untuk pengujian akurasi pada chatbot mendapatkan hasil 100% dari total 54 pertanyaan yang diajukan secara acak. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa chatbot ini mampu memberikan response dengan menilai jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh pengguna berdasarkan keywords pada chatbot, sehingga chatbot dapat memberikan jawaban yang tepat.

 

Kata Kunci: Chatbot, Layanan Akademik, Natural Language Processing (NLP),  Neural Network.

Subjek

NATURAL LANGUAGE PROCESSING
 

Katalog

Implementasi Natural Language Processing Pada Chatbot Untuk Layanan Akademik
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIFYA HIKMAH
Perorangan
Fairuz Azmi, Ratna Astuti Nugrahaeni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini