NLP PADA CHATBOT UNTUK LAYANAN AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE AIML

REFIQA KHOIRUNA

Informasi Dasar

22.04.2252
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fakultas Teknik Eletro Universitas Telkom sangat membutuhkan Layanan Akademik untuk memberi dan mencari sebuah informasi. Tapi terkadang informasi terkait perkuliahan yang diberikan di media sosial seperti Instagram dan Website resmi FTE kurang efektif dan efisien, karena masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui informasi yang telah diberikan.

Maka dari itu pada penelitian Tugas Akhir ini dirancang sebuah sistem Chatbot atau yang disebut juga Question and Answering System pada website, untuk membantu dan memudahkan Mahasiswa/i di Fakultas Teknik Elektro dalam mencari sebuah informasi yang diperlukan mengenai perkuliahan. Chatbot berbasis web ini merupakan bidang dari Artificial Intelligence (AI) dengan penerapan menggunakan Natural Language Processing (NLP). Dalam perancangan Chatbot ini juga menggunakan Artificial Intelligence Markup Language (AIML). AIML merupakan sebuah bahasa yang digunakan untuk menyusun logika-logika pada chatbot. AIML juga digunakan sebagai basis pengetahuannya (knowledge base) dan merupakan turunan dari Extensible Markup Language (XML) yang memiliki fungsi lebih spesifik.

Untuk pengujian menggunakan pengujian Beta yaitu dengan Usability Testing mendapatkan hasil 92% dari total 42 responden dan 6 pertanyaan. Untuk pengujian Akurasi Chatbot mendapatkan hasil 86% dari 90 pertanyaan random. 77 pertanyaan dengan jawaban benar sesuai pattern dan 13 pertanyaan dengan jawaban salah sesuai default.

Kata kunci: Artificial Intelligence Markup Language (AIML), Chatbot¸ Extensible Markup Language (XML), Layanan Akademik, Natural Language Processing (NLP).

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

NLP PADA CHATBOT UNTUK LAYANAN AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE AIML
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REFIQA KHOIRUNA
Perorangan
Fairuz Azmi, Ratna Astuti Nugrahaeni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini