Fakultas Teknik Eletro Universitas Telkom sangat membutuhkan Layanan Akademik untuk memberi dan mencari sebuah informasi. Tapi terkadang informasi terkait perkuliahan yang diberikan di media sosial seperti Instagram dan Website resmi FTE kurang efektif dan efisien, karena masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui informasi yang telah diberikan.
Maka dari itu pada penelitian Tugas Akhir ini dirancang sebuah sistem Chatbot atau yang disebut juga Question and Answering System pada website, untuk membantu dan memudahkan Mahasiswa/i di Fakultas Teknik Elektro dalam mencari sebuah informasi yang diperlukan mengenai perkuliahan. Chatbot berbasis web ini merupakan bidang dari Artificial Intelligence (AI) dengan penerapan menggunakan Natural Language Processing (NLP). Dalam perancangan Chatbot ini juga menggunakan Artificial Intelligence Markup Language (AIML). AIML merupakan sebuah bahasa yang digunakan untuk menyusun logika-logika pada chatbot. AIML juga digunakan sebagai basis pengetahuannya (knowledge base) dan merupakan turunan dari Extensible Markup Language (XML) yang memiliki fungsi lebih spesifik.
Untuk pengujian menggunakan pengujian Beta yaitu dengan Usability Testing mendapatkan hasil 92% dari total 42 responden dan 6 pertanyaan. Untuk pengujian Akurasi Chatbot mendapatkan hasil 86% dari 90 pertanyaan random. 77 pertanyaan dengan jawaban benar sesuai pattern dan 13 pertanyaan dengan jawaban salah sesuai default.
Kata kunci: Artificial Intelligence Markup Language (AIML), Chatbot¸ Extensible Markup Language (XML), Layanan Akademik, Natural Language Processing (NLP).