IMPLEMENTASI RASA PADA CHATBOT LAYANAN AKADEMIK

MUTIARA ZAAFIRA ITONSAPUTRI

Informasi Dasar

22.04.2253
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Chatbot adalah program perangkat lunak yang dibangun untuk berinteraksi melalui kata-kata tertulis atau lisan dengan pengguna. Chatbot telah digunakan di banyak bidang, namun masih sedikit penerapannya di lingkungan akademik. Tidak jarang, ditemukan kesulitan dalam mencari informasi yang diinginkan dengan cepat tanpa perlu mencari informasi tersebut satu persatu melalui website, atau media sosial.

Dalam penelitian tugas akhir ini, penulis akan merancang chatbot layanan akademik yang dapat digunakan oleh seluruh civitas Universitas Telkom. Pembuatan chatbot ini menggunakan RASA sebagai chatbot development platformnya. Dengan mengambil data dari BAA dalam lingkup universitas dan LAA FTE dalam lingkup fakultas, pengguna dapat memberikan 29 topik pertanyaan mengenai informasi seputar layanan akademik.

Chatbot layanan akademik ini melewati pengujian alfa dengan akurasi sebesar 100%, pengujian akurasi sistem yang dilakukan oleh 5 pengguna sebesar 90%, dan pengujian beta yang didapatkan dari 30 responden sebesar 93% memilih setuju dan sangat setuju. Hasil ini didapatkan dengan melakukan pengujian apakah chatbot dapat memberikan jawaban yang sesuai dengan yang diajukan pengguna. Selain pengujian chatbot, pengujian kuesioner juga dilakukan kepada 30 responden untuk mengetahui apakah data yang digunakan dapat dipertanggung jawabkan atau tidak. Pengujian tersebut adalah uji reliabilitas kuesioner dengan hasil 0.955 (sangat tinggi) dan uji validitas kuesioner dengan hasil kuesioner yang digunakan pada tugas akhir ini dinyatakan valid. Dengan hasil pengujian yang sudah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa sistem ini dapat berjalan sesuai dengan tujuannya.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

IMPLEMENTASI RASA PADA CHATBOT LAYANAN AKADEMIK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTIARA ZAAFIRA ITONSAPUTRI
Perorangan
Randy Erfa Saputra, Ratna Astuti Nugrahaeni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TKI4F3 - PEMBELAJARAN MESIN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini