INVENTARIS BARANG BERBASIS WEBSITE DENGAN BANTUAN QR CODE

UMAR FARUK SARAGIH

Informasi Dasar

22.04.2254
004.678
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Inventaris merupakan istilah yang tidak asing dalam dunia perusahaan. Secara pengertiannya inventaris adalah sebuah catatan, berisi semua daftar barang yang dimiliki oleh suatu institusi. Namun, semakin banyak barang yang dimiliki perusahaan tersebut semakin sering pula terjadinya kesalahan dalam pencatatan data. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh human error ataupun kesalahan input data yang dilakukan oleh para staf/karyawan. Kesalahan-kesalahan tersebut juga terjadi di Laboratorium Fakultas Teknik Elektro di Telkom University.

Upaya dalam membantu menyelesaikan permasalahan tersebut dibuat sistem berupa inventaris barang berbasis website dengan bantuan qr code yang berfungsi untuk melakukan pengambilan citra qr code pada tiap produk inventaris yang berada di Lab FTE. Pengambilan citra dilakukan pada qr code karena memiliki kode khas dan berisi informasi dari tiap barang. Hasil dalam penelitian tugas akhir ini melalui pengujian alpha yang dilakukan menggunakan blackbox, sistem aplikasi sudah dapat berfungsi sesuai dengan apa yang dirancang.

Pada pengujian beta yang dilakukan melalui kuesioner didapatkan hasil 85% responden yang dimana mereka setuju bahwa web aplikasi inventaris barang sudah membantu dalam manajemen inventaris barang. Pengujian juga dilakukan dengan pengujian jarak pindai,didapatkan hasil bahwa jarak tedekat 10 cm dan terjauh antar kode QR dan kamera adalah 75 cm, Jarak efektif pemindaian QR code ialah diatas 25 – 45 cm (ideal) dan jarak diatas  45 cm  tidak ideal.                

Kata Kunci : Inventaris, Website, Qr Code, DataBase, Implementasi.

Subjek

WEB APPLICATION
 

Katalog

INVENTARIS BARANG BERBASIS WEBSITE DENGAN BANTUAN QR CODE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

UMAR FARUK SARAGIH
Perorangan
Casi Setianingsih, Randy Erfa Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini