GAME EDUKASI DEBAT BAHASA INDONESIA BERBASIS KECERDASAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY MAMDANI

NURYA FAHRU ROSYIDIN

Informasi Dasar

22.04.2257
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era teknologi sekarang ini, perkembangan game edukasi makin bertambah banyak. Game tersebut dibuat untuk memberikan edukasi menjadi lebih menarik. Akan tetapi, sangat disayangkan bahwa masih banyak game edukasi yang permainannya terlalu kaku dan terlalu berfokus pada edukasinya. Sehingga melupakan identitasnya sebagai game yang berfungsi sebagai penghilang rasa jenuh dan mengurangi rasa penat.

Dalam memberikan pengalaman yang menghibur dan menarik pada saat memainkan game-nya, sistem kecerdasan yang akan diterapkan adalah Algoritma Fuzzy Mamdani. Algoritma Fuzzy Mamdani merupakan algoritma yang akan digunakan pada perhitungan score pada game. Dengan menerapkan algoritma ini pada aspek pergerakan dan score di dalam game, maka akan timbul pengalaman menarik di setiap gameplay pada game yang dimainkan, karena di satu gameplay tidak akan mirip dengan gameplay sebelumnya.

Hasil yang didapatkan dari perancangan game edukasiGame Debat : Adu Argumen! dengan menggunakan algoritma Fuzzy Mamdani yang melibatkan kepakaran seorang guru bahasa Indonesia di dalamnya yang diterapkan pada sistem score di dalam game. Pengujian dilakukan pada 33 siswa SMA/SMK sederajat dengan umur antara 15 sampai 20 tahun. Selanjutnya, dari pengujian yang didapatkan sekitar 96.9% responden berpendapat bahwa game ini cukup menarik, dan sekitar 90.9% responden merasa game ini membuatnya tertarik dengan debat bahasa Indonesia setelah dimainkan. Pengujian ini juga didapatkan sekitar 84.9% berpendapat bahwa sistem penilaian dalam game bekerja dengan baik.

Kata Kunci: Game, Kecerdasan Buatan, Android, Edukasi, Algoritma Fuzzy Mamdani

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
GAME PROGRAMMING,

Katalog

GAME EDUKASI DEBAT BAHASA INDONESIA BERBASIS KECERDASAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY MAMDANI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURYA FAHRU ROSYIDIN
Perorangan
TITO WALUYO PURBOYO, RATNA ASTUTI NUGRAHAENI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini