PENERAPAN ALGORITMA FUZZY SUGENO UNTUK PEMBELAJARAN BILANGAN PRIMA DALAM GAME EDUKATIF

DAVID HASUDUNGAN ARUAN

Informasi Dasar

22.04.2258
511.313
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Game merupakan hal yang bukan jarang didengar oleh lingkungan masyarakat. Dalam sisi pembelajaran, game bisa dipakai untuk menambah ilmu bagi pemainnya, contohnya adalah game edukatif. Dikala pandemic seperti ini metode pembelajaran sangat sulit untuk dilakukan secara luring, terutama Pembelajaran tentang angka. Maka diusulkan untuk pembuatan game edukatif dengan tema yang disediakan yaitu penghitungan. Hasil yang  akan terlihat oleh pemain adalah berupa hasil angka.

Game tentu saja mempunyai fitur fitur yang harus tersedia demi kenyamanan pengguna. Dalam game edukatif yang dibuat kali ini lebih ditekankan   kedalam jumlah NPC dalam bentuk nilai prima atau tidak prima yang muncul menggunakan algoritma fuzzy sugeno, namun terdapat fitur fitur seperti jumlah peluru, balon sebagai NPC, dan berbagai menu untuk memulai, dan keluar dari   aplikasi. Game ini ditambah beberapa fitur agar lebih menarik minat dari pemain tersebut, contohnya balon tersebut agar dapat bergerak, dan menentukan peluang kapan NPC tersebut muncul dan angka angka prima yang muncul.

 Penerapan algoritma fuzzy sugeno dinilai berhasil, terbukti dengan percobaan penghitungan manual kemunculan balon prima dan tidak prima yang sesuai dengan perhitungan defuzzifikasi menggunakan metode centroid berjumlah 8 balon prima dari balon balon yang muncul, dan juga keseluruhan terdapatnya 27 rules yang dipakai. Adapun pengujian fungsionalitas sistem berdasarkan pengujian alpha, dan menghsilkan sesuai fungsi, dan pengujian beta berdasarkan kuesioner yang disebarkan dinyatakan valid dan reliable.

Kata Kunci: Fuzzy Sugeno, Game, NPC, Pengujian

Subjek

Fuzzy logic
GAME PROGRAMMING,

Katalog

PENERAPAN ALGORITMA FUZZY SUGENO UNTUK PEMBELAJARAN BILANGAN PRIMA DALAM GAME EDUKATIF
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DAVID HASUDUNGAN ARUAN
Perorangan
Purba Daru Kusuma, Ratna Astuti Nugrahaeni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TKI3H3 - KECERDASAN BUATAN
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini