SISTEM DETEKSI PENGENDARA SEPEDA MOTOR TANPA HELM MENGGUNAKAN ALGORITMA SSD

FARHAN FUADI

Informasi Dasar

22.04.2266
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pelanggaran lalu lintas sudah banyak terjadi untuk saat ini. Salah satu pelanggaran yang terjadi, disebabkan oleh pengendara sepeda motor. Banyak dari pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm saat bepergian, sehingga dapat meningkatkan risiko kematian jika terjadi kecelakaan. Salah satu penyebab banyaknya pengendara sepeda motor melanggar peraturan lalu lintas yaitu tidak adanya pengawasan dari polisi lalu lintas secara real-time.

Oleh karena itu, pada Tugas Akhir ini dibuat sebuah sistem deteksi pelanggaran helm pada kendaraan roda dua menggunakan algoritma SSD yang dapat mempermudah pendeteksian pelanggaran tidak menggunakan helm pada saat mengendarai sepeda motor. Cara kerja sistem ini yaitu kamera yang telah dipasang di tempat yang ditentukan, akan mendeteksi motor yang lewat. Jika kamera mendeteksi pelanggaran pada tempat yang telah dipasangi kamera, maka nantinya akan mengirimkan pesan notifikasi ke pihak kepolisian.

Dari hasil penelitian tugas akhir sistem deteksi pengendara tanpa helm pada kendaraan roda dua menggunakan algoritma SSD  memperoleh nilai mAP@50IOU 79,2% dan AR@100 61.4% dengan variabel konfigurasi yang digunakan adalah rasio data train 90%  dan data test 10% , learning rate 0.004, epochs 1, dan batch size 24.

Kata Kunci: Deteksi sepeda motor, deteksi helm, SSD

Subjek

Machine - learning
 

Katalog

SISTEM DETEKSI PENGENDARA SEPEDA MOTOR TANPA HELM MENGGUNAKAN ALGORITMA SSD
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARHAN FUADI
Perorangan
Casi Setianingsih, Marisa W. Paryasto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini