DETEKSI SOCIAL DISTANCING DAN PENGUNAAN MASKER DI RESTORAN MENGGUNAKAN ALGORITMA RESIDUAL NETWORK (RESNET)

FAUZI BAYU SAPUTRA

Informasi Dasar

22.04.2272
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Social Distancing adalah salah satu protocol kesehatan yang diterapkan guna mengurangi penyebaran Covid-19 dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter, Serta tidak lupa menggunakan masker juga salah satu bagian dari protocol kesehatan. Masih banyak masyarakat yang tidak peduli dengan protocol kesehatan yang diberikan oleh pemerintah ini, maka dari itu Tugas Akhir ini akan memberikan sebuah solusi untuk mengawasi masyarakat pada tempat umum dengan memonitoring social distancing dan penggunaan masker di restoran.
Pada sistem ini, untuk simulasinya akan ada sebuah kamera yang dipasang pada ruangan yang merupakan simulasi dari restoran. Lalu melakukan pendeteksian social distancing dan penggunaan masker untuk mengawasi tempat seperti restoran menerapkan atau tidak menerapkan protokol kesehatan pada simulasi yang dilakukan. Sistem akan mendeteksi objek person – person menggunakan algoritma You Only Look Once (YOLO) dan penggunaan masker menggunakan algoritma Residual Network (ResNet) yang ada dalam simulasi tersebut. Proses – proses yang dilakukan oleh sistem untuk mendeteksi pelanggaran ialah melakukan deteksi person kemudian memastikan distance measurement dengan Euclidean distance untuk mengukur jarak antar objek person yang terdeteksi, lalu menentukan apakah person tersebut telah safe atau unsafe. Deteksi masker kemudian memastikan wajah lalu menentukan apakah wajah tersebut mask atau non-mask dengan menggunakan ResNet sebagai model untuk mendeteksi penggunaan masker.
Berdasarkan hasil yang terbaik dari pengujian dan pembuatan kedua model yang akan digunakan didapat dari rasio dataset yaitu 90% data train dan 10% data test. Dengan hasil pengujian deteksi penggunaan masker akurasi yang didapatkan sebesar 99.04%, dan hasil pengujian deteksi social distancing mAP yang didapatkan sebesar 49.50%.

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

DETEKSI SOCIAL DISTANCING DAN PENGUNAAN MASKER DI RESTORAN MENGGUNAKAN ALGORITMA RESIDUAL NETWORK (RESNET)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAUZI BAYU SAPUTRA
Perorangan
Meta Kallista, Casi Setianingsih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini