Analisis Sentimen pada Media Sosial Universitas dengan Metode Berbasis Leksikon

FARHAN AHMADI JAVIER NUR

Informasi Dasar

136 kali
22.04.2281
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram adalah platform yang umum digunakan untuk berbagi ide dan opini. Sebuah opini pada media sosial dapat mengandung sentimen positif, negatif, atau netral. Analisis sentimen atau sentiment analysis adalah sebuah studi untuk melakukan identifikasi sentimen secara otomatis, dan telah banyak diterapkan pada organisasi pemilik akun media sosial, termasuk universitas. Penelitian ini mengimplementasikan identifikasi sentimen pada komentar media sosial universitas dengan menggunakan metode berbasis leksikon. Cara kerja metode analisis sentimen berbasis leksikon adalah dengan menghitung orientasi semantic lexicon. Penelitian ini menggunakan kamus leksikon yang telah didefinisikan sebanyak 6599 kata negatif dan 3597 kata positif.  Dari hasil eksperimen diperoleh precision sebesar 94,81%, recall sebesar 82,59%, dan F-1 score sebesar 88,28%. Berdasarkan perbandingan hasil prediksi sistem dengan label yang didefinisikan manual, dianalisis penyebab kesalahan identifikasi sentimen, yaitu terdapat beberapa kata yang tidak ditemukan pada kamus leksikon karena kata-kata tersebut merupakan bahasa asing, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Kata kunci: media sosial, universitas, analisis sentimen, analisis sentimen berbasis leksikon

Subjek

COMPUTER SCIENCE
MEDIA OF COMMUNICATION,

Katalog

Analisis Sentimen pada Media Sosial Universitas dengan Metode Berbasis Leksikon
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARHAN AHMADI JAVIER NUR
Perorangan
Ade Romadhony, Hasmawat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini