USULAN PERBAIKAN PELAYANAN PASANG BARU (PSB) INDIHOME UNTUK MEMINIMALISIR WASTE DELAY PADA PROSES PEMASANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN SERVICE DAN EXTREME PROGRAMMING DI TELKOM STO SEPANJANG

AMANI AULIA HUSNA

Informasi Dasar

129 kali
22.04.2301
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Telkom STO (Sentral Telepon Otomatis) Sepanjang merupakan salah satu cabang perusahaan dari Telkom Sidoarjo yang berada di wilayah Kecamatan Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur dan termasuk bagian dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk sebagai salah satu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak di bidang jasa layanan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan jaringan Telekomunikasi. Layanan Pasang Baru (PSB) dipilih dari ke enam layanan yang diberikan oleh Telkom STO Sepanjang, hal tersebut dikarenakan masih belum tercapai target permintaan PSB pada pelanggan setiap bulan nya.

Dalam menyelesaikan permasalahan PSB di Telkom STO Sepanjang, maka metode yang digunakan adalah Lean Service dengan melakukan identifikasi awal menggunakan Value Stream Mapping dan Process Activity Mapping. Maka waste delay menjadi fokus utama pada jenis waste yang perlu dilakukan perbaikan dengan menggunakan waste finding checklist. Selain itu, perlu juga melakukan pemilihan proses dari pelayanan PSB yang menjadi fokus perbaikan dengan membandingkan nilai cycle time dengan perhitungan takt time sehingga proses pemasangan dipilih. Kemudian dilakukan perancangan sistem pengingat waktu standar dan penjadwalan pasang baru dengan menggunakan metode Extreme Programming sehingga dapat meminimalisir waste delay pada proses pemasangan. Selain itu, hasil perancangan juga dapat menghilangkan akar permasalahan dari lamanya manajemen janji, sulitnya memperkirakan waktu penyelesaian pemasangan, dan tidak adanya mesin pengingat pada faktor penyebab dari man, method, dan machine.

Kata Kunci: Layanan Pasang Baru, Lean Service, Extreme Programming

 

Subjek

SERVICE MARKETING
QUALITY SERVICE,

Katalog

USULAN PERBAIKAN PELAYANAN PASANG BARU (PSB) INDIHOME UNTUK MEMINIMALISIR WASTE DELAY PADA PROSES PEMASANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN SERVICE DAN EXTREME PROGRAMMING DI TELKOM STO SEPANJANG
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AMANI AULIA HUSNA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2022

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini