PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN STOK BARANG DI GUDANG PABRIK PT AGRA SAWIT INDO MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD)

TANIA ISSABEL

Informasi Dasar

22.04.2327
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Agra Sawit Indo merupakan perusahaan di bidang industri pabrik minyak kelapa sawit yang berlokasi di Desa Ujung Karang, Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah. Pada perusahaan ini pencatatan informasi barang gudang masih dilakukan dengan kertas dan excel. Terdapat 13 jenis barang dengan jumlah secara keseluruhan yaitu 1.957 barang yang harus dipantau oleh staf gudang. Salah satu aktivitas yang dilakukan oleh staf gudang yaitu mengelola berkas gudang seperti Surat Permintaan dan Surat Keluar Barang, serta BIN CARD. Pada tiap akhir bulan, dilakukan penyamaan stok dan sering terdapat selisih dengan tidak adanya bukti atau keterangan, sehingga dibutuhkan waktu untuk mencari bukti selisih data tersebut.

Informasi merupakan hal penting yang harus bergerak di perusahaan. Perusahaan yang tidak memiliki sistem pengelolaan informasi yang baik akan mempersulit komunikasi pekerjanya. Perusahaan membutuhkan sistem atau proses agar dapat mengolah informasi tersebut dan sampai ke tujuan dengan efisien dan efektif. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Stok Barang di PT Agra Sawit Indo bertujuan untuk menyimpan dan mengelola informasi stok barang di gudang secara real-time. Perancangan sistem informasi manajemen stok barang ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD).

Perancangan sistem dimulai dari menganalisis kebutuhan sistem dari pengguna, menginterpretasi hasil kebutuhan pengguna ke rancangan sistem, pemrograman dari hasil rancangan, pengujian dan iterasi hasil feedback.  Standar acuan dari perancangan yaitu user stories dan ISO 25010. Hasil dari perancangan menghasilkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Stok Barang Gudang sebagai media pertukaran data dan aliran informasi barang Gudang secara realtime. Sistem ini dapat mencegah kesalahan pengolahan data yang terjadi selama proses pencatatan barang masuk dan keluar di Gudang PT Agra Sawit Indo.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) Stok Barang Gudang melalui proses pengujian fungsionalitas dengan metode grey-box testing dan mendapatkan persentase 84,9% dari user acceptance test.  Berdasarkan  hasil  pengujian  tersebut,  Sistem informasi Manajemen (SIM) Stok Barang Gudang di PT Agra Sawit Indo dinyatakan sesuai kebutuhan pengguna dan layak untuk digunakan. 

Subjek

INFORMATION SYSTEMS
BUSINESS INFORMATION SYSTEMS,

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN STOK BARANG DI GUDANG PABRIK PT AGRA SAWIT INDO MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TANIA ISSABEL
Perorangan
Luciana Andrawina, Rayinda Pramuditya Soesanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini