Perancangan Re-Baseline Schedule Dan Resource Leveling Pada Project Pembangunan Saung (Workstation) Pada PT XYZ

ADITIAS FAUZI AHMAD

Informasi Dasar

22.04.2328
658.404
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ merupakan perusahaan terintegrasi sebagai penyedia bahan bangunan berupa semen, beton siap pakai dan produk agregat  yang sedang bekerja sama dengan komunitas Polyface Nambo yang bergerak dalam bidang teknologi pasca panen yang akan membangun infrastruktur atau workstation pengolahan tanaman serai wangi menjadi pewarna alam dan minyak oleoresin menggunakan proses Distilasi yang bertujuan untuk membangun ekonomi masyarakat sekitar lokasi tersebut. Project tersebut akan menjadi objek dari penelitian ilmiah ini, project ini akan dibangun oleh PT XYZ berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Project ini berfokus terhadap pembangunan infrastruktur saung (workstation) yang terdiri dari beberapa uraian pekerjaan di antaranya pekerjaan persiapan, pekerjaan saung utama, pekerjaan saung ekstraksi, pekerjaan saung olah limbah, pekerjaan saung pekerja, pekerjaan saung pemarutan. Project ini dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari risiko, salah satunya yaitu keterlambatan dalam melaksanakan project, sehingga project yang seharusnya pada minggu kesembilan sudah mencapai 65.50% tetapi aktualnya pada minggu kesembilan masih sekitar 42%. Hal tersebut terjadi karena terdapat berbagai macam masalah di lapangan yaitu waktu dan list aktivitas pengerjaan belum jelas, kurangnya ketelitian dalam pelaksanaan pekerjaan, terbatasnya jumlah tenaga kerja, dan terdapat pekerja yang mengerjakan dua atau lebih tugas sekaligus (multitasking).

Perencangan re-baseline schedule dan resource leveling pada proyek pembangunan saung (workstation) bertujuan untuk mengetahui aktivitas jalur kritis pada penjadwalan project, serta perancangan resource leveling akan dilakukan peerataan sumber data untuk membuat aktivitas pekerja tidak terbebani dengan aktivitas yang menumpuk dan untuk meningkatkan stabilitas dari penjadwalan project.

Perancangan re-baseline dan resource leveling pada project pembangunan saung workstation dilakukan menggunakan metode EVM untuk melihat detail dan status keterlambatan suatu proyek. Perhitungan Earn Value Management (EVM) tersebut menghasilkan perencanaan pada minggu ke 6 dan minggu ke 9 nilai CPI kurang dari 1 dan SPI kurang dari 1 yang dapat diartikan biaya yang dikeluarkan lebih besar dari anggaran dengan jadwal yang lebih lambat dari perencanaan. Setelah dari itu, dilakukan perancangan Critical path method menghasilkan titik kritis di antaranya B1-B2-B7-C1-D1-D2-E1-E2-F1-F2-F3. Perancangan Re-baseline schedule dilakukan pada aktivitas pekerjaan saung utama hingga saung pemarutan berjalan selama 62 hari kerja. Project ini dimulai dari 28 Juni 2022 dan di rencanakan selesai pada tanggal 7 September 2022. Rancangan resource leveling didapatkan aktivitas yang mengalami overallocated sumber data pekerja yaitu aktivitas C3, C4, C5, dan C6 dengan nilai total float yaitu 14 hari kerja. Setelah itu, aktivitas tersebut dilakukan pergeseran waktu kerja sejauh total float yang didapatkan untuk menghindari aktivitas tersebut terjadi overallocated, dan aktivitas yang dipilih adalah aktivitas C6. Aktivitas tersebut setelah dilakukannya resource leveling tanggal pelaksanaannya menjadi 25 Agustus 2022. Namun, aktivitas tersebut tidak mempengaruhi waktu selesainya project dikarenakan aktivitas tersebut tidak mempengaruhi aktivitas setelahnya.

Kata Kunci: Re-baseline, Resource leveling, EVM. CPM, Manual Book

Subjek

Industrial project management
INDUSTRIAL MANAGEMENT,

Katalog

Perancangan Re-Baseline Schedule Dan Resource Leveling Pada Project Pembangunan Saung (Workstation) Pada PT XYZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADITIAS FAUZI AHMAD
Perorangan
Wawan Tripiawan, Ika Arum Puspita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini