Rancang Bangun Komunikasi KWh Meter 3 Fasa Berbasis Internet of Things (IoT) Menggunakan LoRa

MEUTIA GINA SALSABILA

Informasi Dasar

22.04.2355
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

KWh meter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur pemakaian energi listrik. Alat ini banyak digunakan di rumah maupun industri. Kebanyakan kWh meter yang terpasang saat ini hanya dapat menampilkan jumlah penggunaan listrik dari layar yang ada pada kWh meter. Hal ini menyebabkan pengguna listrik tidak dapat melihat atau memantau penggunaan listrik dari jarak jauh. Dalam upaya peningkatan efesiensi dan efektivitas penggunaan listrik, dibutuhkan sistem yang dapat memungkinkan user untuk melihat data konsumsi listrik dari mana saja. Berbagai penelitian sudah mulai dilakukan untuk menguji beberapa teknologi komunikasi untuk menemukan teknologi yang paling baik dengan harga yang terjangkau, jangkauan yang luas, dan menggunakan daya yang sedikit.

Rancang bangun komunikasi kWh meter berbasis Internet of Things (IoT) ini memungkinkan semua data dari kWh meter terkirim ke gateway dan diteruskan ke cloud IoT. Komunikasi yang akan digunakan pada sistem ini adalah komunikasi LoRa (Long Range).  Data dari cloud IoT nantinya dapat digunakan untuk melakukan monitoring. KWh meter yang telah ditambah teknologi IoT ini diharapkan dapat memudahkan user dalam melihat data konsumsi listrik dari mana saja. Sistem ini juga diharapkan dapat mendukung upaya dalam meningkatkan penggunaan listrik secara efektif dan efisien.

Hasil dari pengujian pada tugas akhir ini, perangkat mampu membaca data besaran listrik dari kWh meter serta modul komunikasi LoRa dapat mengirim data yang telah diambil ke gateway untuk ditampilkan di Antares. Pengiriman data mendapatkan hasil rata-rata SNR 9.81 dB, RSSI -78.14 dBm, delay 3.546 detik, dan packet loss 1.11%.

Subjek

INTERNET OF THINGS
SISTEM KOMUNIKASI,

Katalog

Rancang Bangun Komunikasi KWh Meter 3 Fasa Berbasis Internet of Things (IoT) Menggunakan LoRa
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MEUTIA GINA SALSABILA
Perorangan
Muhammad Ary Murti, Azam Zamhuri Fuadi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ETH2C4 - MIKROKOMPUTER
  • TEI3I3 - PEMROGRAMAN PERANGKAT IOT
  • TUI4B2 - PROPOSAL TUGAS AKHIR
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini