RANCANG BANGUN PENGONTROLAN AC (AIR CONDITIONER) UNTUK PENGHEMATAN ENERGI DENGAN KENDALI FUZZY LOGIC SUGENO BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) MENGGUNAKAN LORA

BILLY AHMAD ABDILAH

Informasi Dasar

22.04.2393
511.313
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

AC (Air Conditioner) merupakan suatu alat yang dapat menyejukkan dan menghangatkan udara. Indonesia sebagai negara tropis lebih menggunakan AC sebagai penyejuk udara. Sudah menjadi suatu hal wajib bagi gedung, kantor, ataupun rumah untuk memiliki AC, bahkan untuk daerah pedesaan sudah banyak yang menggunakan AC. Oleh sebab itu, AC menjadi salah satu penyebab pemborosan energi listrik di seluruh dunia, karena pemakaian yang tidak efisien dengan pengaturan suhunya yang rendah.
Dalam peraturan pemerintah yang di keluarkan oleh menteri ESDM no.13 tahun 2012 tentang penghematan pemakaian energi listrik, perlu untuk lebih efisien dalam penggunaan energi listrik tanpa mengurangi keselamatan, kenyamanan dan produktivitas. Agar dapat menghemat energi listrik, perlu sebuah alat yang dapat mengendalikan suhu secara otomatis sehingga dapat mengontrol kinerja dari AC.
Rancangan alat berupa remote control AC dengan modul LoRa, pada alat ini terdapat sistem kendali suhu AC secara otomatis sesuai dengan nilai suhu dalam dan luar ruangan menggunakan kendali Fuzzy Logic Sugeno. Alat ini dilengkapi dengan perangkat IoT menggunakan jaringan LoRa, fungsi dari LoRa sebagai penerima data dari perangkat pembacaan suhu luar ruangan dan juga sebagai pengirim data kedalam Platform Antares melalui gateway LoRa terdekat. Hasil dari pengujian tugas akhir ini dapat melakukan penghematan konsumsi energi listrik AC sebesar 23,79 kWh atau 41,28% selama 57 jam pengujian.

Subjek

Fuzzy logic
INTERNET OF THINGS,

Katalog

RANCANG BANGUN PENGONTROLAN AC (AIR CONDITIONER) UNTUK PENGHEMATAN ENERGI DENGAN KENDALI FUZZY LOGIC SUGENO BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) MENGGUNAKAN LORA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BILLY AHMAD ABDILAH
Perorangan
Muhammad Ary Murti, Azam Zamhuri Fuadi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TEI3G3 - KECERDASAN BUATAN
  • TEI3I3 - PEMROGRAMAN PERANGKAT IOT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini