ALAT PENDETEKSI PELANGGARAN KECEPATAN MOBIL BERBASIS YOU ONLY LOOK ONCE(YOLO)

FAISHAL NUGRAHA PRATAMA

Informasi Dasar

22.06.154
621.382
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Angka kecelakaan lalu-lintas mengalami peningkatan tiap tahunnya. Kecelakaan lalu  lintas paling banyak melibatkan berbagai jenis kendaraan, terutama mobil. Banyak faktor  penyebab kecelakaan lalu-lintas, dimana kecepatan adalah salah satu penyebab kecelakaan. Kecelakaan yang disebabkan oleh mobil dengan kecepatan tinggi adalah faktor utama dalam kecelakaan kecepatan yang dilakukan oleh pengendara mobil.

Berdasarkan pemaparan di atas, Banyaknya pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan mobil dengan kecepatan tinggi di lalu-lintas sehingga menyebabkan  kecelakaan. Oleh karena itu penulis membuat proyek akhir yang bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran kecepatan dan meminimalisir kecelakaan yang disebabkan oleh kecepatan yang berjudul Alat Pendeteksi Pelanggaran Kecepatan Mobil Berbasis You Only Look Once (YOLO). Penulis menggunakan YOLO untuk membantu mendeteksi mobil dari berbagai jenis mobil dan mengukur kecepatan yang terdeteksi, serta menggunakan Region Of Interest untuk mempermudah daerah yang akan dideteksi oleh penulis. Setelah terdeteksi mobil dan kecepatan yang digunakan, jika mobil yang terdeteksi melakukan pelanggaran kecepatan, maka mobil yang terdeteksi melakukan pelanggaran tersebut akan di screenshot. Penulis menggunakan bahasa python guna untuk menulis code yang berkaitan dengan penelitian ini.

Sistem ini digunakan untuk meminimalisir kecelakaan dan pelanggaran kecepatan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Dengan hasil akhir metode import video dari deteksi dari 2 video yang menghasilkan rata-rata deteksi 90,9% dan dengen hasil akhir metode realtime menghasilkan rata-rata deteksi 76,9%, bisa menghitung kecepatan, dan mendeteksi pelanggar yang melanggar kecepatan serta di screenshoot.

Kata Kunci : Kecepatan, Mobil, Python, Region of Interest, You Only Look Once

Subjek

Image processing - signal processing
 

Katalog

ALAT PENDETEKSI PELANGGARAN KECEPATAN MOBIL BERBASIS YOU ONLY LOOK ONCE(YOLO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAISHAL NUGRAHA PRATAMA
Perorangan
Hasanah Putri, Indrarini Dyah Irawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknologi Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • PE1112 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini