PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM PENCUCI MOTOR OTOMATIS (PROTOTYPE DESIGN FOR AUTOMATIC MOTORCYCLE WASHING SYSTEM)

ANDRE SEPTIAN

Informasi Dasar

22.04.2406
621.38
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam dunia industri, perkembangan teknologi memegang peranan yang sangat penting terutama dalam bidang otomasi industri. Contoh dari otomasi industri yang sedang melonjak angka peminatnya dari para pengguna adalah produk kendaraan motor dan mobil. Untuk membersihkan satu buah motor membutuhkan sekiranya lima belas menit sampai dua puluh menit untuk sekali pencucian. Karena waktu yang kurang efisien dalam sekali pengerjaan dalam membersihkan motor, hal ini berdampak pada jarangnya para pengguna untuk membersihkannya. Jika motor jarang dibersihkan, maka dampak buruk yang akan terjadi adalah berkaratnya komponen mesin motor yang menyebabkan motor akan cepat mudah rusak.

Oleh karena itu, penulis merancang sebuah prototipe robot yang dapat membersihkan sebuah mainan motor secara merata dan hanya membutuhkan waktu yang relatif cepat. Sistem robot ini menggunakan Arduino untuk mengendalikan beberapa komponen pada mikrokontroller robot tersebut. Komponen yang dikendalikan oleh Arduino seperti sistem pembilasan pada mainan motor, sistem pemberian busa sabun pada badan mainan motor dan sistem pengeringan mainan motor.

Hasil yang diperoleh dari sistem robot pembersih mainan motor ini yaitu dapat memberikan efisiensi penggunaan waku bagi pengguna dalam membersihkan satu buah mainan motor dengan rentang pembersihan satu buah mainan motor kurang lebih 3 menit sampai 10 menit. Sistem robot ini juga bisa digunakan secara individual atau pada tempat usaha agar dapat membersihkan mainan motor secara rutin dan teratur. Selain itu, sistem robot ini juga mampu membersihkan mainan motor para pengguna secara merata.

Kata Kunci: Otomasi Industri, Pencuci Motor Otomatis, Arduino Uno, Motor DC, Kendaraan Motor.

Subjek

Electronics engineering
 

Katalog

PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM PENCUCI MOTOR OTOMATIS (PROTOTYPE DESIGN FOR AUTOMATIC MOTORCYCLE WASHING SYSTEM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDRE SEPTIAN
Perorangan
Sony Sumaryo, Novi Prihatiningrum
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • FEH2H3 - ALJABAR BOOLEAN DAN RANGKAIAN LOGIKA
  • EL2323 - DASAR SISTEM KONTROL
  • FEH2G4 - ELEKTRONIKA
  • EL3113 - MIKROKONTROLER
  • EKH4C3 - PERANCANGAN METODE KENDALI
  • EL2314 - RANGKAIAN LISTRIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini