RANCANG BANGUN UNMANNED GROUND VEHICLE (UGV) DENGAN KENDALI JARAK JAUH

TEUKU ILHAM

Informasi Dasar

22.04.2427
629.892
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada operasi militer, banyak peneliti yakin jika kendali jarak jauh pada sebuah kendaraan militer adalah masa depan semua orang. Militer sedang gencar gen- carnya mengembangkan UGV (Unmanned Ground Vehicle) atau sebuah kendaraan tanpa awak yang dapat dikendalikan tanpa perlu melibatkan keberadaan manusia pada kendaraan tersebut. Ini merupakan keuntungan dalam menjalankan operasi militer yang berbahaya namun keberadaan manusia tetap aman karena dapat diken- dalikan jarak jauh.

Penelitian ini membahas tentang sebuah UGV yang dapat dikendalikan dari ja- rak jauh dan dirancang untuk keperluan militer dan logistik. Fokus pembahasan hanya akan ada pada komunikasi remot kontrol terhadap fungsi utama UGV yaitu melaju, berhenti dan bermanuver. Konfigurasi yang diharapkan yaitu UGV dapat dioperasikan dari jarak jauh melewati medan yang ekstrem, sekaligus dapat ber- fungsi sebagai kendaraan logistik.

Hasil perancangan yang didapatkan bahwa remot berhasil berkomunikasi de- ngan UGV dan UGV berhasil melakukan tujuan utamanya. Pengujian yang dila- kukan di lapangan uji PT.Pindad dengan lintasan yang digunakan sepanjang 80m didapatkan bahwa kecepatan maksimum pada UGV ini yaitu 11 km/jam. Lalu radi- us putar didapatkan hasil paling bagus yaitu 9 meter dan jarak pengereman sekitar 3 meter.

 

Kata Kunci : Unmanned Ground Vehicle, iBus, Remote Control, militer

Subjek

MOBILE ROBOTS
ROBOTICS AND AUTOMATION,

Katalog

RANCANG BANGUN UNMANNED GROUND VEHICLE (UGV) DENGAN KENDALI JARAK JAUH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TEUKU ILHAM
Perorangan
Irwan Purnama, Angga Rusdinar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TEI4E3 - PERANCANGAN TEKNIK KENDALI
  • EL2314 - RANGKAIAN LISTRIK
  • TEI4B3 - ROBOTIKA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini